Aneka Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan dan Kecantikan

  Aneka Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan dan Kecantikan

Naviri.Org - Apel fuji adalah buah yang merupakan hasil persilangan antara Ralls janet (Kakko) dengan Red Delicious yang dikembangkan oleh The Fruit Tree Research Station (sekarang National Institute of Fruit Tree Science), Jepang. Apel fuji telah ada di Jepang sejak tahun 1930-an, namun nama “fuji” pada kultivar ini baru disebut pada tahun 1962. Apel ini juga diregister dalam Register Pertanian dan Kehutanan sebagai Apel no. 1 Norin.

Selain di Jepang, apel fuji juga dibudidayakan di berbagai negara lain, termasuk Cina. Negara Cina bahkan dianggap sebagai penghasil apel fuji terbesar di dunia.

Rata-rata buah apel fuji memiliki berat sekitar 300 gram, berbentuk bulat sampai lonjong, berwarna merah ampai cokelat kemerahan agak gelap. Rasanya manis dengan sedikit asam, serta memiliki banyak sari buah. Daging buahnya berwarna putih kekuningan, keras, dan agak kasar. Seperti umumnya apel lain, apel fuji juga mengandung banyak air. Sementara kandungan gulanya mencapai 15%. Apel fuji bisa disimpan lama, sampai 90 hari pada suhu normal, atau sekitar 150 hari pada lemari pendingin.

Tidak jauh beda dengan apel lain, apel fuji juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan. Berikut ini manfaat apel fuji yang telah diketahui.

Mengatasi diabetes

Yang mengkhawatirkan dari diabetes tidak hanya penyakitnya semata, namun juga dampak yang ditimbulkan. Diabetes menjadikan penderitanya kehilangan kekebalan tubuh, sehingga kesulitan menangkal penyakit lain.

Mengatasi diabetes dapat dilakukan, salah satunya dengan rutin mengonsumsi apel fuji. Kandungan fruktosa dalam apel fuji merupakan zat penting yang dapat diserap tubuh secara perlahan, sehingga kadar gula dalam darah akan menurun.

Mencegah kanker

Warna merah pada kulit apel fuji merupakan tanda bahwa buah ini memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid adalah zat antioksidan yang mampu mengatasi serta mencegah radikal bebas yang dapat merusak kulit. Selain itu, kandungan antioksidan dalam apel fuji juga memiliki kemampuan dalam mencegah kanker, khususnya kanker kulit, kanker usus, kanker otak, dan kanker payudara.

Menjaga kesehatan jantung

Rutin mengonsumsi apel fuji dapat mencegah penyakit jantung. Apel fuji memiliki kandungan quercetin, senyawa antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karena kenyataan itu pula, penderita penyakit jantung pun disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Apel fuji memiliki kandungan vitamin C yang baik dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya, rutin mengonsumsi apel fuji sama artinya menjaga kekebalan tubuh tetap terpelihara. Jika kekebalan tubuh dalam kondisi baik, kesehatan pun lebih mudah terjaga.

Menurunkan kadar kolesterol

Tubuh membutuhkan serat alami, tidak hanya untuk menjaga kesehatan pencernaan, namun juga untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Apel fuji memiliki kandungan serat alami yang tinggi. Karenanya, rutin mengonsumsi apel fuji dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Di dalam tubuh, serat akan mengikat kolesterol dan lemak jahat, untuk kemudian dibawa keluar bersama feses.

Mencerahkan wajah

Tidak hanya buahnya, kulit apel fuji juga memiliki khasiat, khususnya dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit apel fuji telah lama diketahui dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam, karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Jika Anda ingin memanfaatkan hal tersebut, Anda cukup mengupas apel fuji, lalu ambil kulitnya, dan hancurkan di dalam blender. Setelah halus, gunakan sebagai masker untuk wajah. Lakukan secara rutin selama seminggu, dan Anda sudah bisa melihat hasilnya.

Related

Health 1469673452991369578

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item