Aneka Manfaat Buah Cherimoya untuk Kesehatan

  Aneka Manfaat Buah Cherimoya untuk Kesehatan

Naviri.Org - Cherimoya (Annona cherimola) adalah buah yang merupakan saudara srikaya. Pohon cherimoya banyak tumbuh di daerah beriklim tropis, dengan buah berstruktur lembut dan rasa yang manis. Bisa dibilang, rasa buah cherimoya adalah perpaduan antara pisang dan nanas. Selain enak dinikmati sebagai buah segar, cherimoya juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Di dalam buah cherimoya terkandung aneka vitamin, antioksidan, serta mineral. Kalori di dalam buah cherimoya setara dengan yang terdapat di dalam buah mangga, yaitu sekitar 75 per 100 gram buah. Meski begitu, buah cherimoya tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Cherimoya juga mengandung 75% air, dan banyak karbohidrat (glukosa dan fruktosa).

Cherimoya memiliki kandungan serat yang baik, yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Kandungan vitamin C dalam buah cherimoya juga cukup tinggi, yang memberi antioksidan dalam mengatasi masalah semacam flu dan pilek. Cherimoya juga baik dikonsumsi penderita hipertensi, karena memiliki kandungan sodium yang rendah namun tinggi kalium serta rendah lemak.

Di samping itu, cherimoya juga mampu menurunkan kadar kolesterol, serta memberi efek menenangkan. Lebih lengkap, berikut ini uraian manfaat buah cherimoya.

Sumber serat yang baik

Di dalam 100 gram buah cherimoya terkandung sekitar 3 gram serat. Kandungan serat dalam cherimoya mampu mencegah penyerapan kolesterol di usus. Serat juga membantu memberi perlindungan selaput lendir usus dari paparan zat beracun, dengan mengikat bahan kimia pemicu kanker usus besar.

Sumber antioksidan

Selain sumber serat, cherimoya juga merupakan sumber antioksidan yang baik, karena buah ini memiliki kandungan polifenol. Senyawa polifenol di dalam buah cherimoya memiliki peran yang salah satunya sebagai antikanker dan antimalaria.

Sumber vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan alami yang penting bagi tubuh. Mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C, termasuk cherimoya, membantu tubuh membangun kekebalan dan memiliki pertahanan yang kuat terhadap serangan infeksi atau pun radikal bebas yang menyebabkan inflamasi dan peradangan.

Sumber vitamin B kompleks

Selain vitamin C, buah cherimoya juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, khususnya vitamin B6 (piridoksin). Dalam 100 gram buah cherimoya terkandung 0,257 mg vitamin B kompleks, atau 20% dari keperluan harian. Piridoksin adalah senyawa yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatan otak.

Membantu mengatasi penyakit

Buah cherimoya memiliki kandungan natrium-kalium yang seimbang. Tingkat potassium yang baik pada tubuh membantu mengontrol detak jantung serta desakan darah, dan mengimbangi dampak buruk sodium.

Karena memiliki kandungan kalium tinggi dan rendah lemak, cherimoya baik untuk dikonsumsi penderita hipertensi atau masalah jantung dan kelainan pembuluh darah. Cherimoya juga membantu menyeimbangkan sistem saraf, sehingga memiliki efek menenangkan.

Aneka manfaat lain

Di luar yang telah disebutkan, buah cherimoya juga memiliki aneka manfaat lain, di antaranya adalah:
  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Meredakan inflamasi dan menangkal radikal bebas
  3. Menyehatkan sistem kardiovaskular, dan menurunkan kadar kolesterol
  4. Menangkal kanker, dan membersihkan hati serta usus besar dari racun yang terakumulasi
  5. Mencegah osteoporosis, karena memiliki kandungan kalsium

Related

Health 2645685117116505007

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item