Aneka Manfaat Buah Cupuaçu untuk Kesehatan

 Aneka Manfaat Buah Cupuaçu untuk Kesehatan

Naviri.Org - Cupuaçu (dibaca: cuu-pwah-suu) adalah buah asli Brasil, yang saat ini mulai terkenal di berbagai belahan dunia, karena khasiatnya yang luar biasa. Pada saat ini, buah cupuaçu bahkan telah dikemas dalam jus kesehatan yang tersebar di banyak negara, dan dikonsumsi sebagai suplemen kesehatan.

Di Brasil, pohon cupuaçu tumbuh dengan ketinggian sekitar 20 meter, dan buahnya telah menjadi suber makanan utama penduduk pribumi selama berabad-abad. Yang menjadian buah cupuaçu kini sangat terkenal, karena buah ini dianggap sebagai buah dengan antioksidan terbesar dibanding buah-buahan lain. Antioksidan memiliki peran penting dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah dan penyakit.

Di dalam buah cupuaçu, terdapat senyawa theograndins yang dianggap sebagai super antioksidan, karena khasiatnya yang begitu besar. Para peneliti menyebut buah cupuaçu sebagai “obat di dalam buah”.

Dr. Jeffrey Klein, Ph.D., seorang peneliti terkemuka di bidang antioksidan, menyatakan bahwa cupuaçu memiliki lima manfaat utama yang sangat baik, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan rambut, mengatasi masalah kolesterol, meningkatkan stamina dan libido, serta melindungi sel-sel tubuh.

Cupuaçu juga memiliki kandungan lemak esensial, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan membran sel, mendukung kesehatan jantung, memiliki efek menguntungkan pada sendi dan jaringan, juga memberi efek menenangkan. Karena kenyataan itulah, penduduk pribumi di Brasil memanfaatkan buah cupuaçu sebagai upaya untuk menjaga kesehatan, dari generasi ke generasi.

Selain mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan, buah cupuaçu juga mengandung vitamin yang lengkap, termasuk vitamin A, vitamin B1, B2, B3, juga vitamin C. Dengan semua kandungan nutrisi yang dimilikinya, buah cupuaçu memiliki khasiat dalam menunjang kesehatan, dan berikut ini di antaranya:
  1. Menjaga kesehatan otak
  2. Meringankan dan menyembuhkan sakit perut
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  4. Menjaga kesehatan kulit agar selalu sehat dan segar
  5. Melindungi kesehatan jantung
  6. Menurunkan tekanan darah
  7. Memperbaiki dan meningkatkan konsentrasi
  8. Menambah stamina atau energi
  9. Mengurangi rasa nyeri
  10. Meningkatkan gairah
  11. Mengurangi tanda-tanda penuaan
  12. Menurunkan kadar kolesterol jahat
  13. Memperbaiki sirkulasi darah

Related

Health 2294511241086710955

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item