Aneka Manfaat Buah Gayam untuk Kesehatan

  Aneka Manfaat Buah Gayam untuk Kesehatan

Naviri.Org - Gayam (Inocarpus fagiferus) adalah tumbuhan yang hidup di daerah tropis yang lembap, hingga ketinggian 400 meter dpl. Diperkirakan sebagai tumbuhan asli Indonesia, gayam kemudian tersebar luas ke berbagai wilayah tropis lain di kawasan Asia Pasifik.

Tumbuhan ini dapat hidup di tanah-tanah yang miskin hara sekali pun, sehingga sering ditemukan tumbuh di rawa-rawa, tepi sungai, hingga tepi pantai dan di antara hutan bakau. Pohon gayam mampu tumbuh setinggi 20 meter dengan diameter 4 hingga 6 meter.

Di Sulawesi, gayam disebut angkaeng atau bosua. Sementara bahasa Inggris menyebutnya Otaheite chestnut, Polynesian chestnut, atau Tahiti chestnut. Dibanding tumbuhan buah lain semisal mangga, tumbuhn gayam bisa dibilang kurang diminati, karena buahnya yang dianggap kurang ekonomis. Meski begitu, tumbuhan gayam memiliki manfaat yang bagus untuk lingkungan.

Tumbuhan gayam mampu menyerap polutan di udara, seperti debu, dalam jumlah yang lebih banyak karena tekstur daunnya tebal, lebar, sekaligus rimbun. Akar tumbuhan gayam yang sangat kuat dapat menyimpan cadangan air, dan bermanfaat mencegah tanah longsor. Sementara batang pohonnya yang keras dan kuat dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan perkakas atau meubel, dan sisanya dapat digunakan sebagai kayu bakar.

Terkait buahnya, buah gayam bisa dibilang tidak populer, karena tidak bisa dimakan langsung sebagaimana umumnya buah-buahan lain. Untuk dapat memakan buah gayam, orang biasanya harus merebus atau membakarnya terlebih dulu, untuk kemudian dimakan dengan garam atau dikonsumsi sebagai makanan ringan.

Buah gayam berjenis polong, dengan bentuk seperti ginjal, dan memiliki kulit yang sangat keras. Kulit yang sangat keras itulah yang menjadikan buah ini tidak bisa dimakan langsung, sehingga perlu direbus atau dibakar dulu. Di dalam buah gayam terdapat satu biji berbentuk gepeng. Kulit bijinya juga keras. Saat masih mentah, buah gayam berwarna hijau, namun berubah kuning atau kecokelatan saat masak.

Meski proses memakannya agak merepotkan, namun buah gayam memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini di antaranya.

Membersihkan usus dan pencernaan

Buah gayam memiliki kandungan zat kimia saponin yang mampu membantu membersihkan kotoran atau racun di dalam usus besar dan saluran pencernaan. Sementara senyawa tanin di dalam buah gayam berfungsi membantu usus lebih cepat menyerap sari makanan tanpa gangguan mikroba lain yang mengganggu, yang dapat menimbulkan pembusukan sebelum proses pencernaan.

Menjaga kekebalan tubuh 

Gayam memiliki kandungan flavonoid, yang merupakan antioksidan. Kandungan flavonoid di dalam buah gayam dapat membantu meningkatkan serta menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Mengatasi diare

Selain buahnya, daun gayam juga memiliki manfaat, di antaranya untuk mengatasi masalah diare atau mencret. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu membuat ramuan tradisional berikut.

Siapkan 25 gram daun gayam yang masih segar, cuci hingga bersih, lalu potong kecil-kecil. Setelah itu, rebus dalam 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring. Minumlah hasil saringannya dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Related

Health 44616094331640617

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item