Aneka Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan (1)

 Aneka Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Naviri.Org - Pepaya (Carica papaya L.) adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan utara, yang kini tersebar di semua daerah tropis, termasuk Indonesia. Pohon pepaya bahkan sangat banyak di Indonesia, sehingga pepaya menjadi buah yang sangat populer. Nama “pepaya” dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Belanda, “papaja”. Di Jawa, pepaya juga disebut “kates”, sedangkan di Sunda kadang disebut “gedang”.

Selain sangat populer, dan harganya relatif terjangkau, pepaya memiliki kandungan nutrisi yang kaya. Dalam 100 gram buah pepaya terkandung nutrisi berikut:
  1. Vitamin A: 1.750 IU
  2. Vitamin B: 0,03 mg
  3. Vitamin B1: 0,03 mg
  4. Vitamin B2: 0,04 mg
  5. Riboflavin: 0,04 mg
  6. Niacin: 0,3 mg
  7. Vitamin C: 56 mg
  8. Kalsium: 20 mg
  9. Zat Besi: 0,3 mg
  10. Fosfor: 16 mg
  11. Kalium: 470 mg
  12. Lemak: 0,1 gr
  13. Karbohidrat: 10 gr
  14. Protein: 0,6 gr
  15. Kalori: 39 kkal
  16. Lemak: 0,30 gr
  17. Kalsium: 34,00 mg
  18. Protein: 0,50 g
  19. Serat: 0,70 mg
Selain memiliki kandungan nutrisi yang kaya, pepaya juga merupakan salah satu buah yang mengandung likopen (lycophene). Likopen dikenal sebagai zat yang sangat efektif dalam mencegah dan memerangi penyebaran sel kanker. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Ethnopharmacology menyatakan bahwa zat likopen menstimulasi tingkat sel pertahanan dalam tubuh untuk melawan kanker. Hal itu dapat mencegah kerusakan DNA, dan menghambat penyebaran kanker.

Para peneliti dari Universitas Florida menemukan bahwa kandunghan likopen dalam pepaya efektif sebagai agen antikanker untuk melawan jenis kanker seperti kanker rahim, payudara, hati, paru-paru, dan pankreas. Selain dapat membantu mencegah kanker, berikut ini aneka manfaat buah pepaya dalam membantu menjaga kesehatan.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan nutrisi dalam buah pepaya, terutama vitamin A, sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi pepaya juga dapat menyembuhkan jerawat, serta beberapa infeksi kulit lainnya. Selain itu, menggunakan pepaya sebagai masker dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Jika Anda ingin membuat masker berbahan pepaya, ikuti resep berikut.

Cucilah buah pepaya, dan kupas kulitnya. Haluskan, lalu gunakan sebagai masker untuk kulit Anda. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci hingga bersih. Lakukan hal ini secara teratur, dan kulit Anda pun akan semakin halus serta lebih sehat.

Mengatasi nyeri haid

Jika Anda sering mengalami nyeri saat masa haid datang, Anda bisa mengatasinya dengan pepaya. Caranya juga mudah. Anda tinggal mengonsumsi pepaya muda dengan garam. Selain mengatasi nyeri haid, mengonsumsi pepaya muda dengan garam juga dapat memperlancar siklus haid.

Menyehatkan pencernaan

Buah pepaya memiliki kandungan zat anti-amuba dan antiparasit yang mampu menyehatkan pencernaan. Kedua zat alami tersebut juga mampu mencegah sembelit, mengatasi kenaikan asam lambung, iritasi usus, sakit maag, dan masalah lambung lainnya.

Mencegah penyakit jantung

Mengonsumsi pepaya dapat membantu mengontrol tekanan darah agar selalu normal, sehingga secara tak langsung mencegah penyakit jantung.

Membakar kalori dan lemak

Pepaya mengandung vitamin A, C, E, folat, serta zat antioksidan. Semua zat alami tersebut mampu membakar timbunan lemak dan kalori, sehingga pepaya dapat menjadi menu yang baik dalam diet Anda.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan (2)

Related

Health 3034777702075658618

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item