Aneka Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Naviri.Org - Srikaya (Annona squamosa) adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya berbentuk bulat, dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih. Buah yang sudah tua biasanya berwarna hijau gelap, sementara yang masih mentah memiliki kulit hijau muda. Buah srikaya juga sering disebut buah nona. Sementara orang Inggris menyebutnya sugar apple.

Srikaya merupakan buah yang mengandung aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Buah yang memiliki rasa manis ini memiliki kandungan vitamin A, B, C, E, serta mengandung mineral seperti magnesium, tembaga, fosfor, dan mangan. Srikaya juga mengandung antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, serta mengatasi ketombe.

Selain urusan kulit dan rambut, kandungan nutrisi dalam buah srikaya juga dapat membantu mengontrol tekanan darah, mengatasi anemia, memelihara penglihatan, mencegah serangan jantung, membantu pencernaan, mencegah masalah arthritis, mencegah asma, hingga mengobati bisul dan borok.

Kemudian, kalium dan magnesium yang terkandung dalam srikaya juga bisa melindungi Anda dari serangan penyakit jantung. Lebih lengkap, berikut ini uraian aneka manfaat buah srikaya.

Menjaga kecantikan kulit

Mengonsumsi buah srikaya secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Hal itu dimungkinkan, karena buah ini mengandung vitamin A yang baik untuk kulit, kesehatan rambut, dan menjaga kesehatan mata.

Mencegah penuaan dini

Kandungan asam amino dan senyawa lain dalam buah srikaya dapat membantu memproduksi kolagen dalam tubuh, yang berguna untuk memberikan elastisitas pada jaringan kulit. Sedangkan antioksidan dalam buah srikaya melindungi serta mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Mempercepat penyembuhan luka

Srikaya memiliki kandungan vitamin C berlimpah, dan hal itu berguna dalam mengikat zat kolagen, serta membantu dalam proses penyembuhan luka pada kulit. Selain itu, kemampuan tersebut juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya bekas luka.

Meremajakan sel kulit

Kandungan nutrisi dalam srikaya sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit, karena mampu memperbarui atau meremajakan sel-sel kulit, sehingga lebih awet muda. Selain itu, vitamin E dalam buah srikaya membantu mempertahankan kelembapan kulit. Hal ini tentunya akan membuat kulit kusam terlihat sehat dan segar, sekaligus melumasi kulit dan melindungi kulit dari kerusakan.

Yang tak kalah penting, kandungan serat dalam buah srikaya mampu mencegah lonjakan gula yang dapat merusak produksi kolagen pada kulit. Serat juga menyingkirkan racun dari dalam tubuh.

Menjaga kesehatan menyeluruh

Kandungan nutrisi dalam buah srikaya dapat membantu mengontrol tekanan darah, menormalkan fungsi pencernaan, mengatasi sembelit, mengobati diare, dan disentri. Kandungan magnesium tinggi dalam srikaya juga membantu menyeimbangkan air dalam tubuh, membantu menghilangkan asam dari sendi, dan mengurangi gejala reumatik serta radang sendi. Kemudian, kalium dalam srikaya dapat mengatasi kelelahan dan mencegah kelemahan otot.

Mengatasi bisul

Untuk mengatasi bisul, Anda bisa memanfaatkan buah srikaya. Caranya, ambil daging buah srikaya secukupnya, haluskan, kemudian campur dengan sedikit garam. Setelah itu, tempelkan pada samping mata bisul, dan balut dengan kain kasa.

Mengatasi bisul keras dan borok

Untuk mengatasi bisul yang mengeras dan borok pada kulit, yang diperlukan adalah daun srikaya. Caranya, siapkan daun srikaya secukupnya, lalu ditumbuk halus. Setelah itu, campurkan sedikit garam, dan balutkan pada area bisul yang mengeras atau pada bagian kulit yang terkena borok. Usahakan ramuan ini diganti tiga kali sehari agar hasilnya lebih optimal.

Menyadarkan orang pingsan

Daun srikaya juga dapat dimanfaatkan untuk menyadarkan orang pingsan, atau menenangkan orang yang histeris. Caranya, ambil daun srikaya secukupnya, dicuci bersih, lalu ditumbuk. Dekatkan tumbukan daun srikaya tersebut pada hidung orang yang pingsan, dan usahakan baunya tercium oleh orang pingsan tersebut. Begitu pula cara menenangkan orang yang histeris.

Mengatasi cacingan

Untuk mengatasi anak yang cacingan, siapkan 15 daun srikaya, dan rebus dalam 5 gelas air. Tunggu sampai mendidih, hingga airnya tinggal 3 gelas. Setelah itu diamkan hingga dingin, lalu disaring. Minumkan air saringan itu pada anak yang cacingan, tiga kali sehari, masing-masing satu gelas sekali minum.

Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan bisa berupa perut yang terasa sakit, kembung, atau lainnya. Masalah semacam itu bisa diatasi juga dengan daun srikaya. Caranya, siapkan daun srikaya secukupnya, lalu campurkan dengan minyak kelapa, dan oleskan pada perut yang sakit.

Mengatasi kudis

Siapkan 15 daun srikaya, dan tumbuk sampai halus. Campurkan kapur sirih, dan oleskan secara merata pada bagian tubuh yang kudisan. Lakukan hal ini secara rutin, dua kali sehari.

Catatan:

Dalam menggunakan atau mengonsumsi buah srikaya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

Biji srikaya mengandung racun, karena itu sebaiknya jangan mengonsumsi biji srikaya.

Sangat dianjurkan untuk melibatkan pengawasan herbalis berpengalaman, jika ingin mengonsumsi air rebusan akar, atau kulit srikaya, agar mengetahui secara pasti cara menggunakannya, serta tahu takaran yang pas dan aman.

Hati-hati dengan getah srikaya, dan usahakan jangan sampai terkena mata, karena dapat berakibat fatal.

Buah srikaya memiliki efek mendinginkan. Karena itu, dianjurkan untuk tidak dikonsumsi berlebihan, karena dapat menyebabkan pilek.

Related

Health 8964020042422902787

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item