Aneka Manfaat Buah Terap untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Terap untuk Kesehatan

Naviri.Org - Terap (Artocarpus odoratissimus) adalah buah mirip nangka, namun memiliki ukuran lebih kecil, serta memiliki aroma wangi yang semerbak. Di Filipina, buah ini disebut marang. Sementara bahasa Inggris menyebutnya johey oak. Sekadar catatan, buah terap tidak sama dengan buah benda atau buah bendo (Artocarpus elasticus), yang juga disebut terap (di Serawak) atau teureup (di Jawa Barat).

Terap banyak dibudidayakan di Filipina, terutama di Mindoro, Mindanao, Basilan, dan Sulu. Di Indonesia, pohon terap banyak terdapat di wilayah Kalimantan Timur. Pohon ini diperkirakan berasal dari bagian utara Borneo, lalu menyebar ke Borneo bagian utara yang meliputi Brunei, Sabah, Serawak, juga Kalimantan Timur, lalu ke Thailand. Pohon terap juga dibudidayakan di Queensland, Australia.

Seperti kebanyakan buah lain, buah terap dapat dinikmati sebagai buah segar, atau diolah menjadi kue. Menyangkut buah terap, buah ini harus segera dimakan setelah kulitnya dibuka, karena—kalau tidak segera dimakan—baunya yang harum dapat berkurang, dan warnanya dapat berubah akibat teroksidasi. Selain buahnya, biji terap juga dapat dimakan setelah dipanggang atau direbus bersama garam. Buah yang masih muda juga kerap dimakan sebagai sayur.

Anda yang tinggal di wilayah Kalimantan mungkin tidak asing dengan buah terap. Berikut ini aneka manfaat buah terap dalam menunjang kesehatan, yang perlu diketahui.

Melancarkan pencernaan

Buah terap memiliki kemampuan dalam melancarkan pencernaan, mengatasi gas dalam perut yang menyebabkan perut kembung, serta dapat melancarkan proses buang air besar. Bahkan, rutin mengonsumsi buah terap dapat membantu mengatasi wasir yang masih dalam taraf ringan.

Meningkatkan stamina

Buah terap memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan nasi, namun memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menghasilkan energi. Karena itu, mengonsumsi buah terap sangat baik untuk tujuan meningkatkan stamina.

Bagi pria, buah terap juga dapat meningkatkan stamina dalam hal seksualitas. Rutin mengonsumsi buah terap atau jus terap, dapat meningkatkan vitalitas seks pria.

Memperbaiki kualitas sperma

Kandungan nutrisi dalam buah terap dapat membantu memperbaiki kualitas sperma dan mengentalkan sperma. Khasiat ini tentu baik bagi pria yang kebetulan mengalami masalah seperti sperma yang encer, dan semacamnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi buah terap dalam bentuk jus atau dibuat kue.

Memberi nutrisi untuk tulang

Buah terap memiliki kandungan kalsium yang baik untuk menutrisi tulang, sehingga lebih sehat dan lebih kuat. Nutrisi dalam buah terap juga mampu mencegah pengapuran sendi pada tulang.

Mengatasi sariawan

Kandungan vitamin C dalam buah terap baik dalam mencegah dan mengatasi masalah yang ditimbulkan karena kekurangan vitamin C, semisal sariawan.

Related

Health 5791438120895062614

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item