Aneka Manfaat Jeruk Limau untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Jeruk Limau untuk Kesehatan

Naviri.Org - Jeruk limau (citrus amblycarpa) adalah jeruk yang sering dimanfaatkan untuk bahan bumbu masakan. Banyak orang menggunakan jeruk limau sebagai pelengkap bumbu saat membuat sambal, sehingga jeruk limau juga populer dengan sebutan jeruk sambal. Sedangkan masakan yang diberi tambahan jeruk limau akan menjadikan masakan berbau harum.

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa jeruk limau sama dengan jeruk nipis, padahal itu dua jenis jeruk yang berbeda. Jeruk limau memang hampir mirip dengan jeruk nipis, namun lebih kecil. Pohonnya berbentuk perdu kecil, dengan tinggi 1-2 meter, dengan buah berukuran kecil-kecil, dengan diameter 2-3 cm.

Saat masih muda, jeruk limau berwarna hijau, dan makin tua berubah menjadi kuning. Kulit jeruk limau tebal dan berkerut-kerut, serta beraroma wangi. Daging buahnya memiliki rasa asam, dan—seperti yang disebut tadi—sering dijadikan campuran bumbu dalam membuat sambal atau masakan.

Sebenarnya, jeruk limau tidak hanya menyedapkan masakan, tapi juga memberi manfaat bagi kesehatan. Berikut ini uraiannya.

Memberi kesegaran

Rasa asam pada jeruk limau mampu mencegah kantuk sekaligus memberi kesegaran bagi badan yang lelah.

Meningkatkan kekebalan

Kandungan vitamin C dan beberapa vitamin lain dalam jeruk limau memiliki manfaat dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Melancarkan pencernaan

Jeruk limau memiliki kandungan serat yang dapat bermanfat dalam menjaga kesehatan dan melancarkan pencernaan.

Meredakan asam urat

Jeruk limau bisa menjadi obat alami bagi penderita asam urat, karena buah ini memiliki kemampuan dalam meredakan gejala nyeri dan sakit pada persendian karena asam urat.

Mencegah gangguan lambung

Kandungan senyawa dalam jeruk limau dapat membantu menetralkan lambung yang terasa begah karena kadar keasamannya naik.

Mencegah kanker

Jeruk limau memiliki kandungan antioksidan serta vitamin C dalam kadar tinggi, yang dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh, sekaligus menurunkan risiko kanker.

Antibakerti dan antivirus

Selain dapat menjaga kekebalan tubuh, kandungan senyawa dalam jeruk limau juga dapat berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus, sehingga menjaga tubuh dari serangan virus atau bakteri.

Mengatasi sariawan

Sariawan dapat diatasi dengan jeruk limau, karena memiliki kandungan vitamin C tinggi. Caranya juga mudah, karena Anda ringgal membelah jeruk limau, lalu meneteskan airnya pada bibir yang sariawan. Rasanya tentu sangat perih, namun sariawan juga akan cepat sembuh.

Mengatasi hipertensi

Jeruk limau tidak dapat menyembuhkan hipertensi secara langsung. Namun, jeruk limau memiliki kemampuan dalam mendukung pengobatan hipertensi, dengan cara membantu mengontrol tekanan darah penderita hipertensi.

Menjaga kesehatan ginjal

Rutin mengonsumsi jeruk limau dapat membantu menjaga kesehatan ginjal, dan menghindarkan tubuh dari masalah ginjal.

Melegakan tenggorokan

Tenggorokan yang terasa sesak dapat diatasi dengan mengonsumsi jeruk limau, karena kandungan senyawa di dalamnya dapat melegakan tenggorokan.

Menurunkan demam

Anda bisa mengatasi demam dengan cara yang alami. Cukup peras jeruk limau, dan campurkan dengan air hangat, lalu diminum. Ramuan tersebut mampu membantu menurunkan panas dan demam yang Anda alami.

Mengatasi bau badan

Mencampurkan perasan jeruk limau dengan air, lalu digunakan untuk membersihkan badan, bisa bermanfaat dalam mengatasi masalah bau badan yang kurang sedap. Bau badan sering kali disebabkan kuman, dan perasan jeruk limau mampu menyingkirkan kuman.

Mengatasi otot tegang

Setelah bekerja berat seharian, Anda bisa jadi merasakan otot-otot tubuh terasa tegang. Anda bisa mengatasinya dengan meminum air perasan jeruk limau yang dicampur air hangat. Ramuan itu memberi efek relaksasi, sehingga ketegangan otot dapat menurun.

Mengatasi haid tidak teratur

Kalau Anda kebetulan mengalami masalah haid yang tidak tertatur, cobalah menambahkan jeruk limau pada menu makanan/masakan sehari-hari. Hal itu dapat membantu memperbaiki siklus haid, sehingga lebih teratur.

Mengatasi mabuk

Sebagian orang sering mengalami mabuk saat dalam perjalanan jauh. Jika Anda juga mengalaminya, Anda bisa mengatasi gejala mabuk dengan meminum air perasan jeruk limau, karena dapat mengurngi gejala mabuk seperti pusing, mual, dan ingin muntah.

Mengatasi ketombe

Memiliki masalah ketombe? Anda bisa mengatasinya dengan jeruk limau. Caranya, cukup peras jeruk limau, dan gunakan air perasannya untuk digosok-gosokkan pada kulit kepala yang berketombe, lalu bilas dengan air bersih.

Menggunakan perasan jeruk limau sebagau tonik alami juga mampu membuat rambut lebih sehat dan lebih bersih.

Meningkatkan konsentrasi

Sering lupa atau sulit berkonsentrasi? Anda bisa mengatasi masalah semacam itu dengan rutin meminum air hangat yang diberi perasan jeruk limau. Rutin melakukan hal tersebut akan membantu pikiran lebih fokus, sehingga mudah berkonsentrasi.

Manfaat lainnya

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, jeruk limau juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan otak, mengatasi ambeien atau anyang-anyangan, membantu mengatasi diabetes, mengurangi keringat berlebihan, mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, mengencerkan dahak, dan mendukung diet.

Jeruk limau juga dapat digunakan sebagai pengganti sabun untuk mencuci tangan. Setelah makan dengan tangan, dan kebetulan makanan yang dikonsumsi menimbulkan bau tajam—misal bau ikan atau lainnya—Anda bisa menghilangkan bau itu dari tangan, dengan cara mencuci tangan dalam air yang dicampur potongan jeruk limau. Selain menghilangkan bau, mencuci tangan dengan cara ini juga menjadikan tangan lebih bersih.

Related

Health 8767767398206851410

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item