Aneka Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan (2)

 Aneka Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Berikut ini uraian selebihnya mengenai manfaat semangka, dalam menunjang kesehatan dan kecantikan.

Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang disebut di atas, semangka memiliki kandungan senyawa likopen, yang merupakan zat penting dalam kesehatan, dan salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh.

Menjaga kesehatan mata

Kita telah diberitahu bahwa vitamin A sangat baik untuk menunjang penglihatan atau menjaga kesehatan mata. Karena itulah kita disarankan untuk rutin mengonsumsi vitamin A. Semangka adalah buah yang mengandung banyak betakaroten. Di dalam tubuh, betakaroten diubah menjadi vitamin A, yang ikut menjaga kesehatan mata.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebagian orang rentan dengan perubahan cuaca, misal dari panas ke dingin. Saat terjadi pergantian cuaca semacam itu, mereka mengalami masalah kesehatan, meski mungkin ringan, semisal flu. Hal semacam itu merupakan tanda bahwa tubuh kurang memiliki kekebalan.

Vitamin C dalam semangka adalah zat antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh meningkat dan kuat, pergantian cuaca atau serangan virus semacam flu tidak akan mudah menyerang.

Menjaga kesehatan tulang

Di dalam semangka terdapat kandungan kalium. Fungsi kalium adalah melindungi kalsium dalam tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsi semangka akan memaksimalkan kalsium menjalankan tugasnya, yaitu menjaga kesehatan tulang serta persendian.

Melancarkan pencernaan

Semangka adalah buah yang sangat kaya air, sekaligus serat. Karenanya, mengonsumsi semangka tidak hanya membuat tubuh terasa segar, namun juga membantu melancarkan pencernaan. Hasilnya, sembelit hilang, pengeluaran urin lebih lancar, dan ginjal pun akan lebih sehat.

Sebagai toner alami

Anda dapat memanfaatkan semangka sebagai toner alami, karena buah ini mengandung zat alami yang mampu menjaga kesehatan kulit. Anda bisa memijat kulit Anda dengan irisan semangka segar, atau mencampurnya dengan madu, untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda juga dapat menggunakan jus semangka, dan mengoleskannya pada wajah dan leher Anda.

Mencegah penuaan dini

Kandungan likopen, vitamin A, dan vitamin C, dalam semangka, merupakan nutrisi yang bersama-sama melawan paparan radikal bebas, yang dapat menyebabkan garis-garis halus, keriput, dan bintik-bintik hitam pada kulit.

Kandungan antioksidan dalam semangka juga menurunkan timbunan radikal bebas dalam tubuh, dan mencegah tanda-tanda penuaan kulit. Anda bisa memperoleh manfat itu dengan rutin mengonsumsi semangka, atau menggunakan semangka sebagai masker.

Melembapkan kulit

Dehidrasi tidak hanya buruk bagi kesehatan, namun juga dapat menyebabkan wajah jadi kusam dan kulit lebih kering. Mengonsumsi semangka akan membantu tubuh tetap terhidrasi, karena semangka memiliki kandungan air yang tinggi. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda bisa sering mengonsumsi semangka, atau mencampurkan semangka dan madu untuk melembapkan kulit.

Mengatasi kulit berminyak

Selain melembapkan kulit, semangka juga bisa membantu mengatasi timbunan minyak pada kulit. Hal itu dimungkinkan, karena semangka mengandung vitamin A, yang dapat mengurangi (memperkecil) ukuran pori-pori kulit, dan meminimalkan sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

Meremajakan kulit

Menggunakan semangka untuk masker wajah dapat memberi manfaat dalam merevitalisasi atau meremajakan kulit, dan menyegarkan kulit yang tampak kusam.

Related

Health 7205291606842116632

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item