Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-13

Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-13

Naviri.Org - Minggu ini merupakan minggu terakhir trimester pertama kehamilan Anda. Calon bayi Anda kini memiliki berat sekitar 28 gram, dengan panjang sekitar 7,5-8 cm. Masih relatif kecil, namun perkembangan otaknya sudah sangat pesat. Kenyataannya, calon bayi Anda bahkan telah mulai bisa mengulum jarinya.

Pada minggu ini, tulang-tulang yang membentuk tubuh bayi Anda kian berkembang kuat, gusi dan tunas giginya sudah terbentuk dengan baik, sementara kelopak matanya sudah mampu menutup secara utuh.

Mungkin Anda mulai melihat perut Anda makin membesar? Kinilah saatnya untuk mulai meninggalkan celana jeans, dan menggantinya dengan pakaian yang lebih nyaman. Selain perut yang makin membesar, Anda biasanya juga melihat payudara yang makin kencang. Hal itu karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang merangsang kelenjar penghasil susu di payudara, sehingga ukurannya terus membesar.

Pada masa ini pula, Anda mungkin mendapati cairan seperti keputihan pada vagina. Tidak perlu dirisaukan, karena itu hal yang biasa terjadi pada kehamilan akhir trimester pertama.

Kemudian, yang menyenangkan, sebagian besar gejala awal kehamilan—seperti mual-mual dan lainnya—kini mulai berkurang dan akan segera berakhir. Jika Anda masih sering merasa kelelahan, maka satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan hanyalah memperbanyak istirahat. Tubuh dan bayi Anda sedang bekerja keras sekarang.

Selain itu, karena terjadi peregangan pada rahim, Anda mungkin kadang merasakan sakit perut. Hal itu juga tidak perlu terlalu dirisaukan, karena nantinya Anda akan terbiasa. Secara umum, minggu ini Anda tidak terlalu mengadapi masalah. Jika menginginkan, Anda bisa menikmati minggu ini dengan refresing, semisal makan malam atau menonton film bersama pasangan.

Baca lanjutannya: Memahami Pertumbuhan Kehamilan pada Minggu ke-14

Related

Pregnancy 5550785793317508168
item