Bahaya Ponsel bagi Ibu Hamil dan Calon Bayi

Bahaya Ponsel bagi Ibu Hamil dan Calon Bayi

Naviri.Org - Ibu hamil yang menggunakan ponsel dengan intensitas tinggi berisiko melahirkan anak dengan masalah perilaku di kemudian hari. Kondisi tersebut akan semakin buruk, jika si anak juga terbiasa menggunakan ponsel sejak dini. Hal itu dinyatakan dalam Jurnal Epidemiologi ketika melaporkan hasil penelitian yang melibatkan sekitar 100 ribu wanita hamil.

Penelitian tersebut diadakan dengan tujuan untuk melacak kesehatan anak dalam “jangka panjang”, dan penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, tahun 1996 dan 2002.

Dalam setiap penelitian, para ibu hamil yang menjadi responden memberikan informasi secara rinci tentang gaya hidup mereka, faktor makanan, serta lingkungan—selama dan setelah kehamilan—termasuk penggunaan ponsel selama kehamilan.

Selain itu, mereka juga memberikan informasi yang berkaitan dengan kesehatan dan perilaku anak ketika menginjak usia tujuh tahun, termasuk intensitas dan masa awal anak menggunakan ponsel.

Penelitian itu kemudian memberikan hasil yang menyebutkan terjadinya peningkatan paparan radiasi ponsel pada ibu hamil dan anak usia tujuh tahun, ketika kedua penelitian di atas dibandingkan.

Pada penelitian 1996, sebanyak 30 persen anak usia tujuh tahun menggunakan ponsel, dan 10 persen anak terpapar radiasi ponsel sejak dalam kandungan. Sedangkan pada 2002, jumlahnya meningkat menjadi 35 persen anak tujuh tahun menggunakan ponsel, dan 17 persen anak terpapar radiasi ponsel sejak masih dalam kandungan.

Analisis selanjutnya menyimpulkan bahwa 50 persen anak yang terpapar radiasi ponsel sejak di dalam kandungan dan setelah lahir memiliki kecenderungan masalah dalam perilaku.

Kecenderungan yang sama juga dialami oleh 40 persen anak yang menerima paparan radiasi ponsel hanya saat di dalam kandungan, dan 20 persen anak yang menerima paparan radiasi ponsel hanya setelah lahir. Kesimpulan tersebut diperoleh setelah para peneliti melibatkan sejumlah faktor penting yang mempengaruhi perilaku anak.

Para peneliti menyatakan, “Meskipun terlalu dini untuk menginterpretasikan hasil penelitian ini sebagai satu-satunya penyebab, kami khawatir bahwa paparan awal radiasi ponsel bisa membawa risiko, yang akan menjadi masalah perhatian kesehatan yang luas untuk penggunaan teknologi ini.”

Apabila hasil-hasil penelitian di atas mau diambil hikmah atau pelajarannya, maka sebaiknya ibu hamil tidak terlalu sering berinteraksi dengan ponsel, atau mengurangi penggunaan ponsel selama kehamilan, karena paparan radiasi ponsel yang digunakan selama hamil dapat mempengaruhi perilaku si anak ketika kelak telah dilahirkan dan mulai tumbuh besar.

Baca juga: Panduan Sehat dan Bugar Selama Hamil

Related

Pregnancy 934751490266588717
item