Tidur Membantu Kesehatan Organ Dalam Tubuh

 Tidur Membantu Kesehatan Organ Dalam Tubuh

Naviri.Org - Ada cukup banyak masalah kesehatan atau penyakit berat yang melibatkan organ-organ dalam tubuh. Sebut saja penyakit jantung, kanker hati, masalah empedu, dan lain-lain. Penyakit-penyakit tersebut tidak tampak dari luar, karena memang yang bermasalah adalah organ dalam. Umumnya, masalah-masalah atau penyakit yang terjadi pada organ dalam tubuh disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Sebagai ilustrasi, berikut ini beberapa hal yang dipercaya sebagai penyebab masalah kerusakan organ hati:
  1. Tidur terlalu malam, dan bangun terlalu siang.
  2. Tidak buang air pada pagi hari.
  3. Pola makan yang tidak beraturan.
  4. Tidak makan pagi atau sarapan.
  5. Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan.
  6. Terlalu banyak mengonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, dan pemanis buatan.
  7. Terlalu banyak mengonsumsi minyak goreng.
  8. Sering mengonsumsi makanan mentah atau terlalu matang (kering).

Berdasarkan uraian di atas, kita melihat bahwa hal-hal itu bisa dibilang cukup sering dilakukan banyak orang, dan kita tidak menyadari bahayanya. Karenanya, menjaga pola hidup yang sehat adalah kunci penting dalam hal menjaga kesehatan, dan upaya menghindarkan masalah-masalah kesehatan organ dalam. Pola hidup yang sehat mencakup pola makan yang sehat, serta pola tidur yang sehat.

Dalam hal tidur, sebenarnya waktu tidur adalah waktu ketika tubuh kita melakukan pembersihan terhadap organ-organ dalam. Bahkan, tubuh kita memiliki jadwal sendiri dalam melakukan pembersihan-pembersihan pada organ dalam, yang dimulai pada pukul 21:00. Berikut ini uraiannya.

Pukul 21:00-23:00

Tubuh kita melakukan pembuangan zat-zat tidak berguna atau beracun (detoxin) pada bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini, seharusnya dilalui dengan suasana tenang, misalnya mendengarkan musik pengantar tidur. Artinya, memasuki pukul 21:00 seharusnya kita sudah mapan berbaring di tempat tidur, agar memberi kesempatan bagi tubuh untuk memulai pekerjaannya membuang racun-racun. Proses pembuangan racun itu akan terus berlangsung sampai pukul 23:00.

Pukul 23:00-01:00

Proses pembersihan racun dalam tubuh mulai merambah ke bagian hati, dan proses pembersihan pada bagian itu harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas. Artinya, jika telah pukul 23:00 kita tidak/belum juga tidur, maka tubuh akan kesulitan melakukan pembersihan pada organ hati.

Pukul 01:00-03:00

Setelah selesai membersihkan hati, tubuh kita mulai membersihkan bagian empedu, dan sekali lagi proses pembersihan itu harus dilakukan ketika kita tertidur pulas. Selain itu, dari sejak tengah malam hingga pukul 04:00, sumsum tulang belakang bekerja memproduksi darah.

Pukul 03:00-05:00

Memasuki pukul 03:00, giliran paru-paru yang mulai dibersihkan dari racun-racun. Karena itu pula, orang yang kebetulan sedang mengalami masalah batuk biasanya akan mengalami batuk-batuk hebat pada waktu dini hari, ketika proses pembersihan organ dalam tubuh telah mencapai saluran pernapasan. Untuk hal tersebut, penderita batuk tidak perlu buru-buru minum obat, karena batuk-batuk hebat pada dini hari itu terjadi karena efek pembersihan tubuh.

Pukul 05:00-07:00

Memasuki pagi, tubuh kita melakukan pembersihan pada bagian usus besar. Karena itulah, saat bangun tidur, kita pun sering merasa perlu buang air kecil. Selain itu, kebanyakan orang juga biasa buang air besar pada waktu pagi, yang merupakan efek dari pembersihan pada organ usus besar.

Pukul 07:00-09:00

Pagi hari adalah waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil. Karena itu, kita pun butuh sarapan atau makan pagi. Bagi orang yang kebetulan sedang sakit, disarankan untuk sarapan sebelum pukul 06:30. Bagi kebanyakan orang, makan pagi sebelum pukul 07:30 sangat baik dalam hal menjaga kesehatan. Sedangkan bagi yang tidak biasa makan pagi, sebaiknya segera mengubah kebiasaan tersebut. Bahkan, kalau pun terpaksa, sarapan pada pukul 09:00-10:00 masih lebih baik daripada tidak sarapan sama sekali.

Terakhir, yang perlu diingat sekali lagi, sebaiknya hindari tidur terlalu larut malam, dan biasakan bangun pagi, karena begitulah cara tubuh kita bekerja dalam hal menjaga kesehatan. Saat kita tidur semalaman, tubuh membersihkan organ-organ dalam. Hasilnya, saat terbangun di keesokan hari, kita dapat bekerja dan beraktivitas dengan tubuh yang sehat dan penuh vitalitas.

Baca juga: Kurang Tidur Bisa Membuat Gemuk

Related

Health 6281375278439374076
item