Panduan Merawat dan Mengatasi Rambut Rontok

Panduan Merawat dan Mengatasi Rambut Rontok

Naviri.Org - Dari sudut pandang perawatan, dikenal tiga jenis rambut, yaitu rambut normal, rambut kering dan rambut berminyak. Rambut normal terlihat sehat, kokoh, lembut dan mudah dirapikan, baik waktu basah ataupun waktu kering. Kalau sedang bersih akan terlihat mengkilat, tapi tidak berminyak.

Rambut kering terlihat sebaliknya. Biasanya nampak kusam dan mudah rusak akibat kekurangan sekresi kelenjar sebasea. Jenis rambut ini cenderung mudah kusut, seringkali hanya disisir saja akan merusak batang rambut dan pecah ujung rambutnya karena kutikel rambut menjadi terangkat dan lepas.

Sementara rambut berminyak terlihat basah dan lengket karena minyak yang terlalu banyak, mudah kotor karena debu, dan mudah lengket sehingga membentuk rumpun rambut (gimbal).

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, apapun jenis rambut Anda, ikuti saran berikut.

Rambut yang kotor, baik oleh polusi debu, minyak kelenjar sebasea atau kosmetik rambut maupun kosmetik kulit yang digunakan sebelumnya, harus dibersihkan. Sebagai pembersih pertama adalah menggunakan air biasa atau air yang hangat-hangat kuku (40-45 derajat Celcius). Jangan gunakan air yang terlalu panas karena akan merusak struktur rambut yang terdiri dari karatin dan lipid.

Selain itu, gunakan pembersih rambut khusus alias shampo yang sesuai dengan kondisi rambut yang dibersihkan. Bila rambut yang dibersihkan jenis berminyak, gunakan shampo untuk rambut berminyak yang umumnya akan sedikit mengeringkan rambut. Sebaliknya, bila rambut yang dibersihkan adalah jenis kering, gunakan shampo untuk rambut kering, karena akan meninggalkan sedikit minyak setelah pembilasan.

Mengatasi rambut rontok

Jika rambut Anda mudah rontok dan tanda kebotakan mulai tampak, jangan langsung panik. Ikuti saja tips yang satu ini.

Tebanglah pohon pisang tua di kebun Anda. Sisakan batangnya kira-kira seperempatnya, lalu lubangi di bagian tengahnya. Selanjutnya, tutupi lubang tadi dengan daun pisang, dan tunggu hingga keesokan harinya.

Pagi hari, lihatlah lubang itu, pasti telah penuh dengan air. Ambil airnya, dan basuhlah rambut Anda dengan air itu, berkali-kali, secara merata. Ulangi cara ini berkali-kali, niscaya rambut Anda akan kuat dan tidak mudah rontok.

Baca juga: Kiat-kiat Perawatan Rambut

Related

Female 6100756399157311435
item