Tips Mencegah Rambut Rontok

Tips Mencegah Rambut Rontok

Naviri.Org - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami rambut rontok. Hanya saja mungkin tingkat kerontokannya berbeda-beda. Kalau setiap hari rambut rontok satu dua helai, itu masih wajar.

Tapi kalau setiap hari yang rontok sampai puluhan helai setiap kali menyisir rambut, Anda tentu panik, bukan? Bisa-bisa kepala jadi cepat botak. Sebelum itu terjadi, segera ikuti tips-tips yang berikut ini.

Cara menyisir rambut yang kurang tepat bisa membuat rambut rontok. Sekarang, cobalah sisir rambut Anda dari bagian ujung. Lalu baru naik pelan-pelan. Kalau rambut sedang kusut, ini merupakan tindakan wajib.

Pakailah sisir yang bergigi jarang atau sikat rambut. Ini untuk mengurangi rambut yang (bakal) rontok. Kalau rambut sudah tidak kusut, bolehlah dipakai sisir yang bergigi rapat untuk memantapkan sisiran.

Jangan kasar atau terburu-buru saat menyisir rambut, sisirlah dengan lembut dan perlahan-lahan.

Kalau mau berkeramas, sisirlah rambut terlebih dulu, agar tidak terlalu banyak rambut yang rontok.

Jangan suka gonta-ganti shampo. Kalau satu sudah cocok, ya pakailah shampo itu. Jangan jadi korban iklan. Kebiasaan gonta-ganti shampo akan mengundang kerontokan rambut. Selain itu, rambut juga jadi mudah rusak dan cepat beruban.

Kalau shampo yang dipakai berbahan natural / alamiah, itu lebih bagus lagi. Sebab pewangi dan pewarna buatan yang terkandung dalam shampo-shampo itu bisa merusak rambut.

Jangan terlalu sering mengeriting rambut, mengecat rambut atau menggunakan hair dryer. Berilah kesempatan pada rambut untuk bernapas lega, tanpa tersumbat bahan-bahan kimia yang panas dan berlebihan.

Stres juga pemicu rambut rontok, karenanya pemilik rambut tak boleh sering stres. Rambut juga tak boleh stres, dalam arti tidak boleh terlalu berat menerima banyak beban.

Baca juga: Tips Alami agar Rambut Berkilau

Related

Female 6290159915872423564
item