Menghasilkan Uang Berlimpah dari Video di YouTube

Menghasilkan Uang Berlimpah dari Video di YouTube

Naviri.Org - YouTube, situs video terbesar di dunia maya, saat ini tidak hanya menjadi tempat jutaan orang untuk menonton video di internet, namun juga untuk menghasilkan uang bagi orang-orang yang mampu memproduksi video.

Ketertarikan banyak orang untuk menghasilkan uang lewat YouTube, karena nyatanya kanal video di YouTube memang bisa menghasilkan uang berlimpah. Sudah banyak yang telah membuktikan hal tersebut, hingga makin hari makin banyak orang yang berusaha mengadu nasib di sana. Mereka mengunggah video ke YouTube, dan berharap video buatannya bisa menghasilkan uang.

Mencari uang melalui Youtube kini juga menjadi salah satu kanal pemasukan bagi para musisi. Pemasukan yang diterima bisa sejalan dengan jumlah penayangan video. Ini artinya, hanya musisi dengan penayangan video berjumlah banyak saja yang bisa menangguk pendapatan besar.

Sekira 4 tahun lalu, artis asal Korea Selatan, PSY, merilis video berjudul "Gangnam Style". Lagu ini menyebar cepat. Setahun penayangan di Youtube, video ini telah ditonton 1 miliar kali. Sekarang, video itu sudah ditonton 2,8 miliar kali. Dari satu video itu, PSY diperkirakan mendapat pemasukan hingga 2 juta dolar.

Begitu pula lagu "Blurred Lines" milik musisi asal Amerika Serikat, Robin Thicke. Hingga sekarang, lagu yang dia bawakan bersama T.I dan Pharrel ini sudah ditonton 498 juta kali. Lagu ini mendapat pemasukan iklan sekitar 2 dolar per 1.000 tayangan. Maka dari satu video itu saja, Robin bisa mendulang pemasukan sekitar 996 ribu dollar, hampir 1 juta dollar.

Kita bisa menyebut banyak musisi luar negeri yang mendulang dolar berjumlah mencengangkan. Namun bagaimana dengan di Indonesia?

Di Indonesia juga ada video yang fenomenal, yang tentunya juga menghasilkan yang banyak bagi pembuatnya. Kita bisa melihat video musik Virgoun, berjudul "Surat Cinta Untuk Starla".

Virgoun awalnya dikenal sebagai vokalis band pop rock Last Child. Ia kemudian menjalani karir sebagai solis. Lagu "Surat Cinta Untuk Starla" dirilis pada 16 Februari 2016 silam. Ini lagu pop yang bagus. Sederhana, tapi lekat di telinga. Liriknya tak jauh dari tema cinta, walau bukan tentang romansa laki-laki dan perempuan. Starla adalah nama anaknya Virgoun. Video lirik lagu ini ditayangkan di Youtube saat jadwal perilisan. Video tersebut menjadi video Indonesia pertama yang penayangannya tembus 100 juta kali. Sekarang video tersebut sudah ditonton sekitar 131 juta kali.

Video "Surat Cinta Untuk Starla" memang menjadi video Indonesia paling banyak ditonton sepanjang sejarah. Di bawahnya, ada lagu Armada berjudul "Asal Kau Bahagia" yang dirilis pada 2 Februari 2017 dan sudah ditonton sebanyak 117 juta kali.

Sistem penghitungan pendapatan di Youtube berbeda-beda per konten, tergantung apa kontennya dan bagaimana sistem yang dipilih. Salah satu yang paling populer adalah sistem Bayar Per Seribu (BPS). Google menyebut sistem ini dipertimbangkan pemasang iklan yang "[...] lebih mementingkan iklan Anda dilihat daripada klik yang dihasilkan."

Pendapatan per seribu tayangan, alias Revenue per 1.000 Impressions (RPM) punya rumus yakni penghasilan tertaksir per jumlah tampilan laman dikalikan 1.000. Google memberikan contoh semisal: Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan laman, RPM laman Anda sama dengan ($0,15/25) 1.000 atau $6,00 (lihat cara penghitungan Google).

Ada cara lain yang lebih mudah mencari tahu berapa banyak pendapatan yang diperoleh dengan sistem RPM ini. Tinggal buka salah satu situs Youtube Money Calculator, dan masukkan jumlah penayangan video. Namun penghitungan ini masih amat kasar dan bersifat permukaan. Karena jumlah pendapatan tergantung pada banyak hal. Mulai dari wilayah, jenis konten, hingga relevansi iklan.

Contoh sederhana, situs Youtube Money Calculator menetapkan rentang pendapatan RPM setelah dipotong pajak oleh Google, yakni sekitar 1,4 dolar hingga 3,4 dolar per 1.000 penayangan. Jika video "Surat Cinta Untuk Starla" sudah ditonton sebanyak 131 juta kali, maka video ini sudah mendulang pendapatan antara 179.285 dolar - 448.214 dolar.

Mari ambil angka terkecil, yakni 179.285 dolar, dikalikan dengan kurs dolar Rp13.000. Maka video "Surat Cinta Untuk Starla" diperkirakan mendapat penghasilan kurang lebih Rp2,3 miliar. Hanya dari satu video saja. Padahal ada banyak versi video dari lagu ini. Mulai yang dijadikan film pendek, hingga versi daur ulang dari beberapa musisi. Ada yang mendulang 900 ribu penayangan hingga 23 juta penayangan.

Namun tentu saja pendapatan di industri musik tak akan sesimpel itu. Jumlah pendapatan itu masih harus dipotong untuk bermacam pengeluaran. Mulai pembayaran pembuatan video klip hingga honor manajer. Tapi, ini artinya kanal pendapatan musisi juga akan semakin luas. Selain bisa mendulang uang dari Youtube, popularitas yang didapat Virgoun dan musisi populer lain dari sana, tentu akan meningkatkan frekuensi manggung.

Ilustrasi dan penjelasan di atas mungkin sudah mulai membuka mata kita tentang peluang menghasilkan uang dari YouTube. Ada yang tertarik mencoba?

Baca juga: 10 Youtubers Indonesia Dengan Penghasilan Terbesar

Related

Money 6409173571040177457

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item