Siapa yang Bilang Ada Bunker Uang di Rumah Ferdy Sambo?

Terungkap Pesan Ancaman Pembunuhan Brigadir J: Jangan Temui Ibu Putri

Belakangan ini berhembus kencang ditemukan bunker di rumah Ferdy Sambo. Namun hal tersebut telah dibantah Polri, dan tidak membenarkan adanya bunker berisi uang Rp 900 miliar di rumah Ferdy Sambo. 

Sebelumnya, unggahan bernarasi temuan bunker berisi uang Rp 900 miliar di rumah Irjen Ferdy Sambo ramai di media sosial. Dikabarkan ditemukan uang senilai ratusan miliar rupiah di rumah Ferdy Sambo, namun kebenarannya masih simpang siur. 

Terkait hal itu, pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak buka suara. Ia mengaku mendapatkan informasi tersebut dari seseorang berpangkat Kombes yang masih aktif. 

"Di bulan Juli saya sudah mendapatkan informasi dari salah satu Kombes Pol masih aktif dan dia mensuplai informasi itu ke saya," katanya. 

Kamaruddin mengaku juga mendapatkan informasi dari intelijen lain dari yang masih aktif hingga yang sudah purnawirawan. 

"Dan ada juga intelijen lain yang mensuplai informasi ke saya yang masih aktif maupun yang sudah purnawirawan," lanjutnya. 

Informasinya juga disebut terus mengerucut ke adanya bunker yang di dalamnya terdapat uang ratusan miliar rupiah. Meski begitu, informasi tersebut masih perlu bukti kuat. 

Kamaruddin pun berharap tim independen akan terbentuk dengan melibatkan PPATK, hal tersebut agar dapat diketahui jelas ke mana aliran uang tersebut, dari mana uangnya dan ke mana perginya. 

Sementara itu, pada akhir pekan lalu, Mabes Polri secara tegas membantah isu bunker berisi uang Rp 900 miliar di rumah Ferdy Sambo. Bantahan itu disampaikan oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo pada Sabtu (20/8/2022). 

"Berdasarkan informasi dari tim khusus yang melakukan penggeledahan di beberapa tempat Irjen FS, info soal bunker Rp 900 miliar tidaklah benar," katanya. 

Salah satu unggahan itu dibagikan akun Twitter dan akun Facebook, Rabu (17/8/2022). 

"Polisi mengamankan Rumah Sambo, termasuk yang di Jalan Bangka. Rumah Sambo yang di Jalan Bangka ini luar biasa mewahnya. Oh iya, terkait temuan Bunker dan Uang 900 Miliar di Rumah Mewah Sambo. Duitnya masih aman kan ???" tulis pengunggah. 

Dalam unggahan itu, turut dibagikan foto komplek rumah yang disebutkan sebagai "Istana Sambo". Hingga Minggu (21/8/2022) pagi, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 800 kali dan disukai lebih dari 2.200 kali. 

Lantas, bagaimana penjelasan polisi? 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memastikan bahwa kabar temuan uang ratusan miliar di rumah Ferdy Sambo tidak benar. Hal itu berdasarkan informasi dari Tim Khusus Polri. 

"Berdasarkan informasi dari tim khusus yang melakukan penggeledahan di beberapa tempat Irjen FS, info soal bunker Rp 900 miliar tidaklah benar," ujarnya, dalam rilis yang dikutip Minggu (21/8/2022). 

Diungkapkan Dedi, Tim Khusus Polri yang melakukan penggeledahan di rumah Ferdy Sambo memang menyita beberapa barang bukti. Namun, Tim Khusus Polri memastikan tidak ada bunker berisi uang Rp 900 miliar. 

"Apa saja yang disita itu untuk pembuktian nanti di persidangan. Timsus melakukan penyidikan dengan langkah pro-justitia," ujarnya. 

Komitmen Polri

Polri berkomitmen mengusut kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, secara profesional, akuntabel, dan transparan. Ia pun mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya dengan informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Tim khusus terus bekerja. Mohon sabar dan dukungannya. Komitmen kami sejak awal mengusut perkara ini sampai tuntas dengan mengedepankan pendekatan scientific crime investigation," ucapnya. 

Related

News 5124776842269029249

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item