Jenis-jenis Nasi yang Menyehatkan Tubuh

 Jenis-jenis Nasi yang Menyehatkan Tubuh

Naviri.Org - Nasi adalah makanan pokok hampir semua penduduk Indonesia. Bagi yang sudah biasa makan nasi setiap hari, rasanya ada yang kurang jika belum memakan nasi. Kenyataannya, menurut konsultan gizi dan diet, Mittal Shilpa, “Beras adalah sumber yang baik untuk protein, vitamin D, kalsium, fosfor, serat, dan zat besi. Makanan ini benar-benar sehat dan bergizi jika dimasak dengan metode yang tepat.”

Di dunia ini ada banyak jenis padi atau jenis beras, dan berikut ini empat jenis beras penghasil nasi yang dianggap terbaik dalam menyehatkan tubuh.

Padi liar

Padi liar atau wild rice dianggap sebagai jenis beras yang sangat sehat. Banyak tumbuh di Amerika Utara dengan rasa dan aroma yang khas, padi liar memiliki indeks glikemik rendah dibanding beras putih, serta mengandung asam lemak omega-3 dan protein. Beras yang dihasilkan padi jenis ini juga digunakan sebagai obat alami untuk mengontrol kadar gula darah.

Beras merah

Beras merah memiliki tekstur yang kasar dan lapisan berwarna cokelat di atasnya yang disebut sekam. Selain mudah dicerna, beras merah juga kaya kandungan vitamin B (tiamin), niacin, vitamin B6 dan K, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, karbohidrat, dan protein, yang membantu mengendalikan gula darah dan kolesterol, serta bermanfaat untuk menyembuhkan bisul, diare, serta penyakit usus.

Beras hitam Cina

Di Cina, beras jenis ini dikenal dengan nama forbidden rice. Beras ini memiliki sekam yang dihilangkan untuk membuat nasi terlihat putih. Beras hitam mengandung zat besi, serat, antioksidan, dan anthorcyanin (zat antikanker).

Beras merah Bhutan

Beras jenis ini dihasilkan dari ragi merah yang dicampurkan pada beras putih, kemudian dihaluskan. Memiliki rasa manis yang cukup kuat, beras merah sangat bergizi karena dapat menurunkan kolesterol, kadar LDL, dan trigliserida. Namun, ada beberapa alasan medis yang membuat ibu hamil atau menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi beras jenis ini.

Baca juga: Makanan-makanan yang Mengandung Polifenol Tinggi

Related

Health 4607809864605846814

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item