Penyebab Cewek Lebih Cerewet Dibanding Cowok (1)

Penyebab Cewek Lebih Cerewet Dibanding Cowok

Naviri.Org - Ini sesuatu yang mungkin dapat dikatakan “usang”, tetapi topik ini tetap saja menjadi bahan perdebatan hingga hari ini. Mengapa cewek lebih cerewet dibanding cowok? Atau, lebih tepatnya, benarkah cewek lebih cerewet dibanding cowok? Sebagian orang setuju dengan pendapat yang menyatakan bahwa cewek memang lebih cerewet dibanding cowok—tetapi sebagian yang lain tidak setuju dan membantah keyakinan tersebut.

Kita akan mulai topik ini dengan kenyataan ini terlebih dulu; bahwa membangun hubungan atau relasi melalui bicara merupakan prioritas yang ada di dalam “susunan kabel” di otak cewek.

Barbara dan Allan Pease, dalam Why Men Don’t Listen and Woman Can’t Read Maps, menyatakan bahwa cewek yang suka berbicara (cerewet) bahkan dapat berbicara antara 6000-8000 kata dalam setiap harinya, ditambah 2000-3000 suara tambahan ketika berkomunikasi, ditambah 8000-10.000 bahasa tubuh dan ekspresi wajah ketika mengobrol dengan lawan bicaranya. Semuanya ini dengan jelas mengindikasikan bahwa para cewek tersebut setiap harinya memang berkomunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan mereka.

Sekarang bandingkan dengan cowok. Cowok hanya berbicara antara 2000-4000 kata saja dalam setiap harinya, dengan hanya ditambah 1000-2000 suara tambahan, dan mereka hanya membuat bahasa dan isyarat tubuh atau ekspresi wajah yang hanya sebanyak 2000-3000 saja. Rata-rata pembicaraan mereka sehari-hari juga hanya membutuhkan 7000 kata di saat komunikasi (ini hanya sepertiga dari jumlah kata yang biasa digunakan oleh sebagian besar cewek).

Coba kita lihat dan perhatikan bokap dan nyokap kita. Tentu kau setuju kalau nyokap kita lebih cerewet dibanding bokap kita, kan? Setidaknya, sebagian besar dari kita akan setuju.

Tetapi, seperti yang telah dinyatakan di atas, ini masih menjadi bahan perdebatan yang tetap saja terjadi hingga hari ini. Masih ada pihak-pihak yang belum bisa menerima fakta bahwa cewek lebih cerewet dibanding cowok. Salah satu pihak yang membantah keras kenyataan ini adalah James Pennebaker dan rekan-rekannya dari University of Texas, Austin. Untuk memperkuat bantahan itu, mereka meneliti 400 mahasiswa di AS dan Meksiko yang berumur 19 sampai 25 tahun, yang selama beberapa hari mereka pasangi alat perekam khusus.

Nah, setiap 12 menit sekali, alat perekam yang telah disematkan pada objek-objek penelitian itu akan aktif secara otomatis dan merekam semua pembicaraan yang terjadi selama 30 detik ke depan. Mereka mengklaim bahwa rekaman itu menghasilkan data yang cukup merata menyangkut jumlah kata yang diucapkan oleh cowok ataupun cewek. Melalui alat rekam itu, mereka memperoleh kenyataan yang menyebutkan bahwa cewek berbicara sekitar 16.215 kata setiap harinya, sementara cowok berbicara dengan sekitar 15.669 kata.

Secara statistik, tentu saja, perbedaan ini tidak (terlalu) signifikan. Data mereka juga menunjukkan bahwa terkadang cowok bisa lebih cerewet, terbukti dari dikuasainya peringkat 1-3 pembicara terbanyak yang diraih oleh kaum cowok, dengan yang tertinggi mencapai 47.000 kata perhari.

Marianne LaFrance, seorang profesor dalam bidang psikologi serta kajian gender dan seksualitas perempuan di Yale University, menyetujui hasil temuan Pennebaker dan rekan-rekannya di atas. Menurutnya, kalaupun ada perbedaan yang ditemukan, biasanya hal itu dipengaruhi oleh konteks pembicaraan.

Cowok juga bisa cerewet jika “nyambung” dengan lawan bicaranya atau dengan topik yang dibicarakan, seperti olahraga, masalah finansial, atau hobi. Mereka (kaum cowok) bahkan cenderung berbicara lebih banyak dalam konteks profesional, sementara cewek diketahui lebih banyak membicarakan hubungan-hubungan sosial.

Baca lanjutannya: Penyebab Cewek Lebih Cerewet Dibanding Cowok (2)

Related

Relationship 5979510332333868860

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item