Hati-hati, 10 Makanan Ini Menyebabkan Sering Kentut

Hati-hati, 10 Makanan Ini Menyebabkan Sering Kentut

Naviri.Org - Buang angin atau kentut adalah hal alami, bahkan orang bisa sakit kalau tidak bisa kentut. Namun, meski alami, kentut kadang mengganggu dan membuat tidak nyaman, khususnya saat kita sedang bersama orang lain. Kadang-kadang, karena sebab tertentu, orang bisa buang angin cukup sering. Penyebab seringnya buang angin tidak hanya perut kembung atau masuk angin, tapi bisa pula karena makanan yang kita makan.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat menyebabkan sering kentut, yang bisa diwaspadai.

Polong-polongan

Polong-polongan semisal kedelai, kacang polong, atau buncis, termasuk jenis makanan yang dapat menyebabkan kentut. Tentu saja Anda tidak perlu menghindarinya sama sekali, karena makanan-makanan itu juga baik untuk tubuh. Konsumsi saja dalam batas wajar, agar tidak menghasilkan kentut yang berlebihan.

Brokoli

Sama seperti polong-polongan, brokoli sebenarnya memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Namun, brokoli juga dapat menyebabkan kentut, bahkan tidak jarang menyebabkan perut kembung. Karenanya, konsumsi brokoli dalam jumlah wajar.

Produk susu

Ada cukup banyak produk susu, termasuk yoghurt. Segala jenis produk susu dapat meningkatkan kadar laktosa dalam tubuh. Akibatnya, perut mengalami kelebihan udara, dan mengeluarkannya melalui kentut. Kondisi itu bisa bertambah parah jika seseorang menderita intoleransi laktosa.

Soda

Soda adalah minuman berkarbnonasi, dan minuman semacam itu adalah salah satu penyebab kentut. Berbeda dengan brokoli dan polong-polongan yang memiliki manfaat bagi kesehatan, minuman soda bisa dibilang tidak baik untuk kesehatan. Karenanya, sebaiknya jauhi saja minuman semacam itu, khususnya jika tidak ingin sering kentut.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan yang sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari, karena memiliki kandungan manfaat yang besar bagi tubuh. Namun, buah-buahan juga termasuk makanan penyebab kentut. Hal itu berasal dari fruktosa yang dihasilkan tubuh karena mengonsumsi buah-buahan.

Makanan berserat

Lagi-lagi, ini juga termasuk makanan yang baik untuk tubuh, karena serat memiliki fungsi penting dalam melancarkan pencernaan. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, makanan berserat juga bisa menjadi penyebab kentut.

Jamur

Ketika dikonsumsi, jamur memiliki sifat menghasilkan gula dan gas. Akibatnya, tubuh pun harus mengeluarkannya dalam bentuk angin atau kentut.

Pasta

Pasta adalah hidangan lezat yang disukai banyak orang. Sayangnya, pasta juga termasuk salah satu makanan yang memicu kondisi perut kembung, sehingga menyebabkan kentut.

Makanan gorengan

Makanan yang digoreng kering sebaiknya dijauhi, karena tidak hanya menambah kolesterol namun juga bisa menyebabkan kentut berlebihan.

Pemanis buatan

Hampir semua pemanis buatan memiliki sifat yang menyebabkan kentut berlebihan. Karenanya, meski menghindari cokelat atau permen, perhatikan lagi komposisi dalam camilan yang dikonsumsi, sebab pemanis buatan di dalamnya bisa menjadi penyebab kentut.

Related

Health 2551273189626080532

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item