Uang dan Nota Bank Pertama di Dunia

Uang dan Nota Bank Pertama di Dunia

Naviri.Org - Mungkin jarang terpikir oleh kita, seperti apa rupa atau bentuk uang pertama di dunia. Ternyata, uang pertama di dunia dibuat dan digunakan pertama kali di Szechwan, Cina, pada tahun 1024. Uang tersebut dibuat dari kulit pohon mulberi, yang kualitasnya belum bisa dibilang bagus. Berikut ini adalah wujud uang pertama tersebut.

Seorang petualang Eropa, bernama Marcelino, sempat tinggal di Cina selama 20 tahun. Ketika ia kembali ke Eropa, dia pun mengabarkan keberadaan uang itu kepada masyarakatnya, dan sejak itulah bangsa Eropa mulai memikirkan serta mencari cara untuk membuat uang.


Sementara nota bank pertama di dunia dikeluarkan pada abad ke-17, tepatnya pada tahun 1666, oleh bank sentral di Swedia. Nota bank senilai 100 daler itu berfungsi sebagai tanda klaim deposito, dan bukti ketersediaan tabungan. Berikut ini penampakannya.

Setelah itu, bank di kawasan lainnya merilis nota bank serupa, misalnya seperti yang dilakukan di Inggris pada tahun 1694.

Related

World's Fact 717645855766793415

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item