Aneka Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

Naviri.Org - Sebagian orang kadang keliru memahami antara duku dan langsat. Ada yang menganggap duku sama dengan langsat, ada pula yang menyebut duku dengan nama langsat dan meyakini bahwa duku dan langsat adalah buah yang sama. Tentu saja itu tidak benar, karena duku dan langsat adalah dua hal yang berbeda.

Secara fisik, duku dan langsat memang sangat mirip. Bentuknya bulat, dan warna maupun struktur dagingnya nyaris mirip. Karenanya, dalam sekilas lihat, kita mungkin sulit membedakan mana duku dan mana langsat. Namun, jika diperhatikan lebih jelas, duku dan langsat memiliki perbedaan. Pertama, langsat memiliki rasa yang asam, sementara duku memiliki rasa manis. Kulit langsat juga lebih tipis dibandingkan kulit duku. Tipisnya kulit itu pula yang menjadikan langsat tidak mampu bertahan lama pada suhu ruangan. Dalam beberapa hari saja, langsat bisa cepat mengalami pembusukan, sedangkan duku mampu bertahan lebih lama.

Meski begitu, langsat juga memiliki kandungan nutrisi sekaligus manfaat yang tidak kalah dengan duku. Berikut ini adalah kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram buah langsat:
  1. Kalori: 10 kkal
  2. Karbohidrat: 13 gr
  3. Mineral: 0,7 gr
  4. Protein: 1 gr
  5. Zat besi: 0,9 mg
  6. Lemak: 0,2 gr
  7. Kalsium: 18 mg
  8. Fosfor: 9 mg
Setelah melihat kandungan nutrisinya, berikut ini uraian manfaat buah langsat dalam membantu menunjang kesehatan.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam buah langsat dapat membantu melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit atau susah buang air besar, juga mendukung diet. Kalau Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, Anda bisa memilih buah langsat sebagai camilan sehat.

Mencegah kanker

Buah langat memiliki kandungan nutrisi, mineral, vitamin, juga serat, yang dapat membantu mencegah kanker, khususnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Kemampuan dalam menangkal kanker tidak hanya terdapat dalam buahnya, namun juga pada kulitnya.

Mengatasi gejala demam

Kandungan vitamin dalam buah langsat juga memiliki manfaat dalam mengatasi gejala demam. Kemampuan itu tidak hanya terdapat dalam buahnya, namun juga pada bagian bijinya.

Untuk mengolah biji langsat menjadi obat panas atau penurun demam adalah dengan mengeringkannya terlebih dahulu (bisa dioven, dijemur, atau disangrai). Setelah kering, biji-biji tersebut dapat ditumbuk hingga halus. Setelah itu, biji yang sudah halus diseduh dengan air hangat, untuk kemudian diminum.

Mengatasi cacingan

Jika anak Anda menderita cacingan, Anda bisa mengatasinya dengan biji langsat. Caranya sama dengan yang dijelaskan di atas, yaitu dengan mengeringkan biji-biji langsat terlebih dulu, lalu ditumbuk sampai halus, dicampur dengan air hangat, kemudian diminum.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dalam buah langsat membantu kesehatan tulang dan gigi, serta menguatkannya. Karenanya, rutin mengonsumsi buah langsat sama artinya menambah asupan zat fosfor yang akan membantu mencegah pengeroposan pada tulang dan gigi.

Menangkal radikal bebas

Selain dapat mengatasi kanker kolon, rutin mengonsumsi buah langsat juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang akan menyerang tubuh, juga mengusir radikal bebas yang telah ada di dalam tubuh.

Mengatasi sengatan serangga

Kulit pohon langsat memiliki khasiat dalam mengatasi masalah kulit yang disebabkan gigitan serangga. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil zat tepung yang terdapat pada bagian kulit pohon langsat, kemudian mengoleskannya pada bagian yang digigit serangga, lalu diamkan sampai mengering. Lakukan proses tersebut hingga beberapa kali, sampai luka gigitan benar-benar sembuh.

Membantu mengusir nyamuk

Selain buah dan kulit batang pohon, ternyata kulit buah langsat juga memiliki manfaat tersendiri, yaitu untuk mengusir nyamuk. Cara menggunakannya juga tidak terlalu sulit. Pertama, keringkan kulit buah langsat, lalu bakar di tempat yang Anda inginkan terbebas dari nyamuk. Bau dari pembakaran kulit buah langsat dapat menjadi pengusir nyamuk, karena zat di dalam kulit tersebut tidak disukai nyamuk.

Related

Health 1704667847807881195

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item