Asal Usul Batwoman, Superhero Wanita dari DC Comic

Asal Usul Batwoman, Superhero Wanita dari DC Comic

Tak selamanya Superman, Batman, dan Wonder Woman punya kekuatan super. Pada 2006, tim perancang cerita komik DC pernah membuat kisah yang menyebut tiga jagoan itu tidak bisa diandalkan untuk melawan kejahatan. Superman dibilang sedang kehilangan kekuatan. Sedangkan Batman dan Wonder Woman dikisahkan fokus mencari ketenangan batin. 

Hilangnya sosok-sosok andalan ini jadi kesempatan bagi tim DC untuk menciptakan tokoh-tokoh pahlawan baru. Kebaruan tidak hanya dibuat dari sisi tampilan melainkan juga dari segi karakter tokoh. 

Dan Didio, publisher DC, berkata pada Entertainment Weekly (EW) bahwa ia merasa perlu adanya keragaman tokoh pahlawan dalam komik DC. Jenis keragaman yang terlintas waktu itu ialah menetapkan karakter gay sebagai pahlawan. 

“Saya merasa tokoh baru ini harus berhubungan dengan Batman atau Superman agar ia bisa dianggap berarti. Hal penting lain ialah kami harus lebih dulu menonjolkan sisi heroiknya sebelum mengungkap preferensi seksual serta latar belakang dirinya,” kata Didio kepada EW. 

Dari sana muncul keputusan memilih Batwoman sebagai simbol keragaman? 

Sesungguhnya tokoh Batwoman pertama kali tercipta pada tahun 1956. Ia ditampilkan sebagai wanita yang sempat dekat dengan Batman. Batwoman bukan tokoh populer yang hadir dalam setiap komik DC. Bisa jadi hal itu pula yang jadi alasan tim DC menghadirkan kembali Batwoman. Karakternya masih bisa dibentuk kembali dan publik belum terlalu mengenal sosok Batwoman. 

Didio pun mengubah citra Batwoman. Ketika muncul dalam serial komik 52, Batwoman ialah seorang lesbian dan mantan kekasih Renee Montoya, detektif perempuan di Gotham. 

CBR pernah berupaya merangkum informasi seputar pahlawan perempuan berambut merah ini. Nama aslinya ialah Kate Kane. Ia adalah wanita mapan yang menjalani gaya hidup mewah dan gemar berpesta. Sebelum jadi pahlawan, ia sempat bekerja sebagai sutradara. 

Orangtua Kane bekerja di badan intelijen militer. Sang ayah bangga dengan peran putrinya sebagai Batwoman. Dalam komik, Kane diceritakan punya saudara kembar yang mengganggu perannya sebagai Batwoman. Ia juga dikisahkan sebagai tante Batman. 

Related

Entertainment 7259920452434173426

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item