5 Film Pembunuhan yang Terinspirasi Kisah Nyata

5 Film Pembunuhan yang Terinspirasi Kisah Nyata

Naviri.Org - Tidak semua film berdasar kisah rekaan atau fiksi, ada pula film-film yang diangkat dari kisah nyata, atau terinspirasi dari kisah yang benar-benar terjadi. Tidak semua film semacam itu pasti ber-genre drama. Ada pula film-film horor yang juga diangkat dari kisah nyata.

Di antara banyak film yang berdasarkan kisah nyata atau terinspirasi oleh sosok nyata, berikut ini adalah lima film dengan tema pembunuhan yang juga terinspirasi kisah nyata.

1. Psycho (1960) 

Karya klasik Alfred Hitchcock masih terasa kengeriannya hingga kini. Film Psycho, salah satunya, terinspirasi sosok Ed Gein, pria Wisconsin yang membunuh dua orang wanita dan telah mengubur banyak korban lainnya di tahun 1950-an. Obsesinya untuk membunuh diketahui ternyata disebabkan oleh sang ibu. Dari pria inilah lahir tokoh Norman Bates yang ada dalam film.

Salah satu penggambaran pembunuhan yang keji dalam film terletak pada adegan shower-nya yang melegenda. Hitchcock mengerjakannya dengan sangat baik.

2. The Hill Have Eyes (1977) 

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga kanibal yang haus darah, dan meneror orang-orang yang tersesat di padang gurun. Pondasi kisah film klasik karya Wes Craven ini ternyata didasarkan pada legenda Sawney Bean, yang diduga memimpin klan kanibal di perbukitan Skotlandia. Mereka pun diduga sebagai pelaku hilangnya seribu lebih orang di abad ke-15.

Kisah tersebut memang dianggap sebagai mitos yang diragukan kebenarannya. Akan tetapi beberapa bukti mengarah pada keberadaan klan kanibal ini.

3. Henry: Potrait of a Serial Killer (1986) 

Film ini terinspirasi dari kisah pembunuh berantai Henry lee Lucas, yang mengaku telah melakukan pembunuhan sebanyak 600 kali, mulai dari tahun 1960 sampai 1983. Meski banyak dari pembunuhan tersebut masih disangsikan atau tak diakui, kengerian tersebut menjadi inspirasi pembuatan film ini.

Pada akhirnya, Lucas terbukti telah melakukan pembunuhan sebanyak 213 kali. Hanya pembunuh sinting yang mampu menghilangkan nyawa manusia sebanyak itu.

4. The Silence of The Lamb (1991)

Hannibal Lecter merupakan sosok ikonik dalam sejarah film horor Hollywood. Saking mengerikannya sosok satu ini, banyak yang tak menyangka bahwa sosoknya tersebut didasarkan pada orang nyata.

Potongan-potongan latar belakang dari kanibal pembunuh berantai Albert Fish membantu sang penulis novel Thomas Harris untuk menciptakan karakter tersebut. Tokoh itu pun dihidupkan dalam kisah layar lebar oleh Anthony Hopkins.

5. Wolf Creek (2005)

Naskah film ini mulanya hanya ditulis sebagai kisah fiktif biasa, namun sang penulis memutuskan untuk menambahkan beberapa detil pembunuh berantai dari Australia sebagai bumbu cerita horornya. Pembunuh tersebut diketahui suka menculik, menyiksa dan membunuh para turis, antara tahun 90-an sampai 2000-an awal.

Yang membuat makin mengerikan adalah penampilan dari sang pembunuh yang seperti orang normal. Hal tersebut membuat penonton pasti langsung was-was saat bertemu dengan orang asing.


Related

Film 1764548539303902369

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item