Dampak Negatif Akibat Ledakan Penduduk Dunia

Dampak Negatif Akibat Terjadinya Ledakan Penduduk Dunia

Naviri.Org - “Banyak anak banyak rezeki”, kata sebagian orang. Mungkin pepatah itu memang benar, tapi di masa lalu. Di masa kini, banyak anak artinya banyak tanggung jawab, banyak pengeluaran, banyak kebutuhan, dan—bisa jadi—juga banyak masalah. Jika banyak keluarga berprinsip untuk memiliki anak sebanyak-banyaknya, masalah yang muncul dari hal itu tidak saja hanya berkait dengan keluarga bersangkutan, tapi juga lingkungan lebih luas.

Menurut Thomas Robert Malthus dalam Essay on the Principle of Population (1798), “Penduduk bertambah menurut deret ukur, dan bahan makanan bertambah menurut deret hitung.” Dengan demikian, pertumbuhan penduduk lebih cepat daripada produksi makanan yang dibutuhkan. Jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka akan terjadi masalah terkait ledakan penduduk.

Ledakan penduduk sebagai akibat pertumbuhan penduduk yang cepat seperti itu memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan sosial-ekonomi masyarakat, dan karena hal itu pula pemerintah berusaha mengatasinya.

Dampak ledakan penduduk antara lain:
  1. Jumlah pengangguran semakin meningkat
  2. Kekurangan pangan yang menyebabkan kelaparan dan gizi rendah
  3. Kebutuhan pendidik, kesehatan, dan perumahan, sukar diperoleh
  4. Terjadinya polusi dan kerusakan lingkungan
  5. Tingkat kemiskinan semakin meningkat

Tinggi rendahnya jumlah penduduk dipengaruhi oleh proses demografi, yakni kelahiran, kematian, dan migrasi. Tingkat kelahiran yang tinggi sudah barang tentu akan meningkatkan tingkat pertumbuhan penduduk. Namun demikian, tingkat kelahiran yang tinggi di Indonesia kebanyakan berasal dari kategori penduduk golongan miskin.

Pertumbuhan penduduk berkaitan dengan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat. Pengetahuan tentang aspek-aspek dan komponen demografi seperti fertilitas, mortalitas, morbiditas, migrasi, ketenagakerjaan, perkawinan, dan aspek keluarga dan rumah tangga, akan membantu para penentu kebijakan dan perencana program untuk dapat mengembangkan program pembangunan kependudukan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tepat sasaran.

Ujung dari semua ledakan penduduk adalah kerusakan lingkungan dengan segala dampak ikutannya, seperti menurunnya kualitas pemukiman dan lahan yang ditelantarkan, serta hilangnya fungsi ruang terbuka.

Dampak lonjakan populasi bagi lingkungan sebenarnya tidak sederhana. Persoalannya rumit, mengingat persoalan terkait dengan manusia dan lingkungan hidup. Butuh kesadaran besar bagi tiap warga negara, khusunya pasangan yang baru menikah, untuk merencanakan jumlah anak.

Baca juga: Masalah Ledakan Populasi: Makanan dan Pemenuhan Gizi di Dunia

Related

Insight 872650027466010477

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item