Di Masa Depan, Orang Bisa Hidup Tanpa Bernapas

Di Masa Depan, Orang Bisa Hidup Tanpa Bernapas

Naviri.Org - Saat ini, kita bertahan hidup dengan bernapas. Saat bernapas, kita menghirup oksigen, dan pada waktu yang sama juga mengeluarkan karbondioksida. Proses itu terjadi terus menerus, sejak setiap orang lahir sampai mereka mati. Meski mungkin kita tak menyadari—karena sudah sangat terbiasa—bagaimana pun juga kita tetap harus bernapas untuk dapat hidup.

Karena latar belakang itu pula, banyak kampanye yang mengajak kita untuk menanam pohon. Kampanye itu bukan tanpa alasan. Pohon adalah bagian penting kehidupan, karena ia berfungsi sebagai pengubah karbondioksida menjadi oksigen.

Oleh pohon, karbondioksida yang dikeluarkan manusia akan diubah menjadi oksigen, yang hasilnya kemudian digunakan manusia untuk bernapas. Semakin sedikit pohon yang ada di bumi, proses pengubahan pun makin sedikit, dan itu artinya jumlah oksigen di bumi juga kian sedikit.

Namun, mungkin, di masa depan kita tidak perlu lagi bernapas untuk dapat tetap hidup. Pasalnya, ilmuwan telah berhasil menemukan mikropartikel yang berisi oksigen yang dapat disuntikkan ke dalam aliran darah kita, sehingga kita bisa hidup tanpa perlu bernapas untuk mengambil oksigen. Mikropartikel ini adalah kapsul berukuran 2-4 mikrometer.

Mungkin ini adalah penemuan yang berguna jika di masa depan kita harus hidup di dalam air, karena permukaan air laut yang meningkat akibat perubahan iklim.

Baca juga: Mungkinkah Kita Menciptakan Mesin Waktu? Ini Jawabannya

Related

Science 5691308265756923710

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item