Internet Sudah Ada Sejak Zaman Mahabharata?

Internet Sudah Ada Sejak Zaman Mahabharata?

Naviri.Org - Mungkinkah internet sudah ada sejak zaman Mahabharata? Atau, mungkinkah pesawat terbang sudah ada sejak zaman Ramayana? Dua pertanyaan itu mungkin aneh, dan bisa jadi akan membuat orang tertawa. Faktanya, ada orang-orang yang percaya bahwa internet sudah ada ratusan tahun lalu, sebagaimana pesawat sudah ada sejak zaman kuno.

Orang yang mempercayai hal itu—internet sudah ada sejak Mahabharata—juga bukan orang sembarangan, melainkan seorang menteri di India.

Seorang menteri di India dicemooh di media sosial setelah melontarkan kalimat yang bikin banyak orang mengernyitkan dahi. Dia mengatakan, internet dan teknologi satelit sudah ada sejak zaman Mahabharata.

Diberitakan media India, Indian Express, Menteri Negara Bagian Tripura, Biplab Kumar Deb, menyampaikan hal ini pada lokakarya komputerisasi Sistem Distribusi Publik. Pejabat partai berkuasa, BJP, ini mengatakan bukti internet telah ada sejak masa lampau ada di Perang Kurusetra pada kisah Mahabharata.

Dalam epos itu, Sanjaya mampu memberitahukan perkembangan peperangan ke Raja Astinapura, Dhritarashtra yang buta, padahal mereka terpaut jarak sangat jauh.

"Eropa dan Amerika bisa mengklaim mereka pemilik penemuan ini (internet), tapi sebenarnya ini teknologi kita. Internet dan sistem satelit telah ada sejak ratusan tahun lalu," kata Kumar.

"Bagaimana bisa Dhritarashtra melihat melalui mata Sanjay? Ada teknologi saat itu. Internet ada, komunikasi satelit sudah ada," kata pria 47 tahun ini lagi dengan yakinnya.

Sontak saja nama Kumar ramai diperbincangkan di media sosial. Komentarnya itu menjadi bulan-bulanan di Twitter.

"Mengapa Abimanyu tidak bertanya ke Quora bagaimana cara lolos dari Cakrabyuha? Mengapa Sanjay menarasikan Perang Kurusetra padahal ada Siri? Dan juga, Krishna seharusnya stream Bhagavad-Gita di Facebook Live," tulis pengguna Twitter, Audrey Truschke.

Kumar sebenarnya bukan satu-satunya pejabat negara BJP yang melontarkan kalimat kontroversial. Bahkan Perdana Menteri Narendra Modi juga pernah melakukannya.

Pada 2014 lalu, Modi dalam pidatonya pada pertemuan dokter dan staf medis di Mumbai mengatakan operasi plastik telah ada sejak zaman India kuno. September tahun lalu, menteri muda pendidikan India Satyapal Singh mengatakan pesawat terbang pertama kali muncul dalam Ramayana.

Baca juga: Seorang Nenek Memutuskan Jaringan Internet di Dua Negara

Related

News 3700686279042490823

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item