Asal Usul Mak Lampir, Putri yang Terbuang karena Cinta

Asal Usul Mak Lampir, Putri yang Terbuang karena Cinta

Naviri Magazine - Mak Lampir, atau yang juga dikenal dengan sebutan Nenek Lampir, adalah legenda masyarakat di kaki Gunung Merapi, di daerah Sumatra Barat.

Legenda ini berkaitan erat dengan kisah Legenda 7 Manusia Harimau, yang juga berasal dari tempat yang sama. Konon, Mak Lampir adalah seorang putri yang aslinya berasal dari kerajaan kuno di daerah Champa.

Kemudian dia dibuang karena telah mencintai kepala pengawalnya, yaitu Datuk Panglima Kumbang. Sang putri pun sedih, dan kemudian menyepi ke puncak Gunung Merapi, hingga memiliki kesaktian tiada tanding.

Datuk Panglima Kumbang, yang telah lama mencari sang putri yang hilang, tidak pernah menemukannya kembali. Hingga suatu saat mereka dipertemukan di sebuah pertarungan yang menewaskan sang Datuk.

Sang Putri pun sadar jika sebenarnya sang Datuk juga mencintai dirinya. Dengan kesedihan yang amat mendalam, dia kemudian mengerahkan seluruh kemampuan dan kesaktiannya, serta mengikat jiwa Datuk ke bumi. 

Datuk pun berhasil dihidupkan kembali, meski Mak Lampir harus kehilangan wajah cantiknya, dan berubah menjadi seorang nenek menyeramkan.

Namun, Datuk Panglima Kumbang berpendapat lain, saat melihat wajah Mak Lampir yang sangat menyeramkan. Dia mengira Mak Lampir adalah setan yang menyebarkan teror di kalangan masyarakat. Dari sinilah, kemudian pertempuran dan permusuhan mereka berlanjut.

Baca juga: Misteri Anne Boleyn, Permaisuri Raja Henry yang Tewas Dipancung

Related

Mistery 8797766133927923837

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item