10 Fakta Menarik Seputar Film Aquaman

10 Fakta Menarik Seputar Film Aquaman

Naviri Magazine - Film Aquaman belum tayang, namun pihak Warner Bros telah merilis trailernya di gelaran San Diego Comic Con 2018. Bagi para penggemar film superhero, khususnya superhero DC, Aquaman adalah salah satu sosok ikonik yang kehadiran filmnya ditunggu-tunggu. Apalagi setelah kemunculannya dalam Justice League beberapa waktu lalu.

Munculnya trailer Aquaman pun seketika meningkatkan minat para penggemar DC yang makin tak sabar menunggu film yang menjadi bagian dari DC Extended Universe. Bukan hanya karena ini menjadi film bertema comic book terakhir di tahun 2018, namun trailer ini juga tampak sangat menjanjikan.

Berikut ini adalah sepuluh fakta menarik yang bisa kita lihat dari penampakan trailer Aquaman, yang mungkin terlewat dari perhatian sebagian orang.

1. Asal usul Aquaman

Film Aquaman akan dimulai pada tahun 80-an, ketika seorang penjaga mercusuar, Tom Curry, menemukan tubuh Atlanna, Ratu Atlantis, terdampar di pantai setelah badai.

Angin dan ombak telah melemparkan Atlanna menghantam bebatuan, dan dia terluka parah. Seperti yang terlihat di trailer, Tom menyelamatkannya dan menyembuhkan luka-lukanya. Seiring berjalannya waktu, mereka menjadi kekasih, dan memiliki seorang anak bernama Arthur Curry.

Trailer ini juga menegaskan bahwa Atlantis akhirnya datang untuk Atlanna, namun melihat sosok Atlanna sebagai pengkhianat. Dia dibawa pergi, dan Arthur percaya dia akhirnya dieksekusi karena pengkhianatan tersebut.

2. Masa kecil Athur 

Adegan ini menampilkan saat Arthur tanpa sadar memanggil hiu untuk membantunya. Wajah para pengganggu memucat karena kaget dan ketakutan saat hiu memukul kaca.

Namun, yang paling menarik adalah mata Arthur yang berubah warna dan mulai mengeluarkan kharisma sebagai calon raja Atlantis. Adegan ini dengan mudah menjadi salah satu adegan yang paling kuat dan efektif secara visual di trailer.

3. Superhero bawah laut

Seperti yang James Wan katakan sebelumnya, film ini akan menjadi film dengan pola tradisional Hero’s Journey. Dan dalam kasus Aquaman, Mera (Amber Heard) menjadi sosok yang memberi motivasi dan meminta bantuan Arthur. Mera percaya bahwa Arthur adalah satu-satunya sosok yang dapat mencegah saudara tirinya, Orm, untuk menggalakkan peran di dunia permukaan.

Arthur awalnya menolak, bersikeras tidak ingin berhubungan dengan Atlantis. Ironisnya, seperti yang kita lihat lebih lanjut di dalam trailer, Orm sendiri yang membujuk Arthur untuk mengubah pikirannya.

4. Motivasi King Orm

King Orm (Patrick Wilson) dengan baju zirahnya, bersiap untuk melepaskan amarah Seven Seas ke permukaan dunia. Motif Orm sederhana; dia menyalahkan orang-orang di permukaan karena melepaskan polusi ke laut, membunuh terumbu karang, dan menjarah kekayaan laut.

Dalam pandangan Orm, sudah waktunya bagi masyarakat Atlantis untuk membela semua yang ada di bawah lautan, lalu mengajari dunia permukaan bahwa laut bukan hanya tempat membuang polutan tanpa peduli. Motivasi ini diangkat langsung dari cerita New 52 garapan Geoff Johns.

5. Tahta Atlantis dan sang raja

Adegan singkat ini bisa jadi sangat penting, adegan yang menunjukkan tahta Atlantis, dengan Raja Atlan duduk di atasnya, memegang trisula. Mengingat plot Aquaman berfokus pada pencarian untuk menemukan trisula Atlan, adegan ini mungkin bagian dari kilas balik atau urutan prolog untuk membangun kisah mitologi.

Jika kita perhatikan juga armornya, Aquaman akan mendapatkan kostum ikoniknya yang mungkin terinspirasi dari penampilan Atlan.

6. Penampakan Negeri Atlantis

Ini mungkin adegan yang paling memukau dari keseluruhan trailer. James Wan tampaknya berhasil membangun aspek paling penting yang ditunggu para fans, yaitu penampilan dunia Atlantis. Visualisasi yang menawan ini memiliki perpaduan konsep original, dan konsep yang diangkat langsung dari buku komik.

Bahkan, kota ini seolah-olah dibangun di sisi terumbu yang mungkin menjelaskan mengapa Atlantis terancam oleh polusi manusia; naiknya suhu laut dan pengasaman lautan membunuh karang dan secara harafiah bisa menghancurkan Atlantis.

7. Teknologi Atlantean 

Trailer ini cenderung berfokus pada senjata Atlantis tradisional – pedang dan tridents. Namun, masih ada tanda-tanda bahwa ilmu Atlantis jauh lebih berkembang daripada ilmu dunia permukaan.

Contoh yang paling terlihat adalah kendaraan Aquaman dan Mera berada ketika mereka tiba di Atlantis. Menggunakan teknologi organik dan dirancang untuk menyerupai ikan, kapal ini mungkin didukung semacam sumber daya yang ramah lingkungan.

8. Trench, suku Atlantis

The Trench adalah salah satu dari tujuh suku Atlantis, ras brutal yang tinggal di kedalaman Palung Marianas. Sutradara James Wan terkenal karena bekerja di genre horor, dan dia menggunakan Trench untuk membawa sentuhan horor dalam Aquaman.

The Trench adalah suku yang paling kuat secara fisik dari suku-suku lainnya di Atlantis, tubuh mereka berevolusi untuk bertahan hidup di bawah tekanan air yang bisa menghancurkan apa pun, bahkan Atlantis.

Dalam adegan ini, Orm mengirim Trench untuk menyerang sebuah perahu, membunuh dan memakan semua orang di atas kapal. Aquaman jelas mencegah hal tersebut, menggunakan semacam suar untuk menarik perhatian mereka.

9. Black Manta, sang penjahat

Trailer ini hanya menampilkan beberapa kilasan singkat tentang Black Manta, penjahat sekunder di film Aquaman. Dalam wawancara baru-baru ini, aktor Yahya Abdul-Mateen II menyebutkan bahwa pertemuan pertama Black Manta dengan Aquaman mengarah pada kematian ayahnya, dan Black Manta menyalahkan Arthur Curry untuk itu.

Dia direkrut oleh King Orm untuk melawan Aquaman, dan tanpa henti ia mengejar calon Raja Atlantis. Meskipun mendapat peran sekunder, namun karakter ini kabarnya akan ‘berumur panjang’ dengan hadir di film-film DCEU lainnya, dan mungkin akan bergabung dengan Legion of Doom yang di bentuk Lex Luthor pasca Justice League.

10. Pertempuran besar

King Orm bertekad untuk menyatukan tujuh suku Atlantis di bawah pemerintahannya sendiri, bahkan dengan paksa jika perlu. Akibatnya, menjelang akhir trailer, kita melihat para Xebellians bersiap untuk perang, menunggang kuda laut mereka untuk melawan Orm dan pasukan Trench.

Adegan epik ini menunjukan betapa hebat kedua suku itu bertempur, dengan Trench membuktikan diri mereka kuat secara fisik, sementara Xebellians menggunakan senjata untuk menembak ledakan air bertekanan melawan musuh.

Baca juga: Mengapa Film-film Marvel Lebih Sukses daripada DC?

Related

Film 8826012003018363289

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item