Capung, Serangga dengan Kemampuan Terbang Tercepat

 Capung, Serangga dengan Kemampuan Terbang Tercepat

Naviri Magazine - Di antara semua serangga, capung menjadi serangga yang dapat terbang paling cepat. Capung dapat terbang dengan kecepatan 97 kilometer per jam, dan mampu melakukan perjalanan sejauh 137 kilometer dalam sehari.

Kehebatan lain dari serangga ini adalah jangkauan pandangannya yang sangat luas. Kemampuan itu dimungkinkan, karena capung memiliki 30.000 lensa berbeda pada sepasang matanya, sehingga dapat melihat dengan sudut hampir 360 derajat.

Di dunia ini, capung terdiri dari 5.000 spesies, dan masuk dalam kelompok serangga yang tergolong dalam ordo Odonata. Ia bisa hidup mulai dari ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut—di hutan, sawah, kebun, sungai, dan danau. Capung tak bisa hidup jauh dari air.

Capung adalah serangga yang istimewa, karena dapat melakukan hampir semua hal yang dapat dilakukan helikopter. Serangga unik ini dapat terbang berputar-putar, atau bertahan di satu tempat di udara. Capung juga dapat memutar arah terbangnya dengan tajam, terbang mundur, dan bahkan berguling ketika terbang.

Baca juga: Penemuan Spesies Katak ‘Sleeping Beauty’ di Peru

Related

Science 530163472429231841

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item