7 Ciri Gejala Awal Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

7 Ciri Gejala Awal Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Naviri Magazine - Setiap penyakit memunculkan gejala atau tanda-tanda tertentu. Munculnya gejala itu sebenarnya berfungsi sebagai semacam alarm atau peringatan kepada si penderita untuk waspada.

Sayangnya, dalam hal ini, si penderita kadang tidak mengabaikan gejala atau peringatan yang dialami tersebut, atau justru tidak tahu bahwa itu adalah gejala atau peringatan dari tubuhnya.

Dalam hal ini, masalah yang terjadi pada jantung juga akan memunculkan gejala. Sebagai penyakit yang tergolong berat, sudah selayaknya kita perlu tahu bagaimana gejala akan munculnya masalah jantung, agar kita bisa lebih waspada sejak dini. Terkait hal itu, berikut adalah tujuh ciri dan gejala awal munculnya masalah jantung, yang tidak boleh diabaikan.

Sakit kepala

Gejala awal penyakit jantung yang pertama adalah sakit kepala. Munculnya rasa sakit kepala saat terkena sinar matahari dapat mengindikasikan seseorang mempunyai masalah kesehatan dengan jantungnya. Pengaruh ini umumnya menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat.

Pada wanita, juga harus waspada jika mengalami migrain. Karena, menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of Neurology, sakit kepala pada pengidap penyakit jantung bisa saja akibat tidak lancarnya sirkulasi darah.

Nyeri dada

Selain sakit kepala, gejala awal penyakit jantung yang umum dirasakan oleh pengidapnya adalah nyeri dada. Efek yang ditimbulkan nyeri dada ini adalah sesak napas yang diikuti keluarnya keringat, mual, serta denyut jantung berdegup lebih kencang dari biasanya.

Nyeri dada tersebut muncul karena adanya penyumbatan arteri, yang mengakibatkan darah tidak dapat mengalir lancar ke seluruh tubuh.

Denyut jantung tak beraturan

Jika Anda mengalami denyut jantung tak teratur, patut diwaspadai karena dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Denyut jantung tak teratur umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini menyebabkan terjadi penyempitan pada katup, sehingga menyebabkan kebocoran.

Mudah lelah

Tubuh lebih rentan lelah dari biasanya, padahal Anda mungkin sama sekali tidak melakukan aktivitas fisik yang begitu berat. Perasaan mudah lelah juga menjadi salah satu gejala awal penyakit jantung yang patut diwaspadai.

Pembengkakan

Gejala awal penyakit jantung juga menyebabkan terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, misalnya perut. Hal ini dikarenakan menurunnya fungsi jantung, yang berdampak pada proses pembuangan cairan dari ginjal. Karenanya, pembengkakan tersebut muncul.

Mual

Pembengkakan pada bagian perut menyebabkan pengidap secara otomatis kehilangan nafsu makan, dan merasakan mual berlebih. Tak heran, pengidap sakit jantung biasanya juga mengalami hal ini di awal.

Cemas berlebih

Banyak yang meyakini, gejala awal penyakit jantung erat kaitannya dengan rasa cemas berlebih. Alhasil, mereka yang pernah mengalami serangan akan lebih sering mengalami ketegangan, ketakutan, atau kecemasan. Hal ini dikaitkan dengan kecemasan pada psikologi dan stres pada seseorang, yang menyebabkan serangan lebih sering.


Related

Health 1986681924975505061

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item