Ternyata, Lumba-lumba Bernyanyi untuk Bayi Mereka

Ternyata, Lumba-lumba Bernyanyi untuk Bayi Mereka

Naviri Magazine - Ketika manusia (wanita) mengandung janin dalam kandungan, mereka kadang bersenandung untuk si janin. Ketika si janin telah dilahirkan, sang ibu pun sering bersenandung untuk bayinya. Tujuan nyanyian itu bisa sebagai ungkapan kebahagiaan, atau untuk menghibur si bayi.

Ternyata, hal serupa juga terjadi pada hewan, khususnya lumba-lumba. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa induk lumba-lumba melakukan siulan untuk bayinya, tepat sebelum mereka dilahirkan, dan beberapa minggu setelah melahirkan. Lumba-lumba menggunakan suara-suara individu untuk mengidentifikasi dan berkomunikasi satu sama lain.

Siulan tersebut adalah suara yang biasa dibuat oleh lumba-lumba, sinyal untuk mengidentifikasi satu sama lain. Nantinya, bayi lumba-lumba akan mengembangkan sinyal siulan mereka sendiri. Namun, dalam beberapa minggu pertama kehidupan, sang induk akan fokus mengajari keturunannya, mengenai sinyal suara mereka.

"Telah dihipotesiskan bahwa ini adalah bagian dari proses penanaman (imprinting)," kata Audra Ames dari Marine Mammal Behavior and Cognition di University of Southern Mississippi, pada pertemuan tahunan American Psychological Association.

"Kami benar-benar tidak melihat bayi manusia mengembangkan preferensi suara ibu mereka pada trimester terakhir. Kami tidak tahu apakah itu sesuatu yang terjadi di sini, tapi itu bisa menjadi sesuatu yang mirip," jelas Ames.

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan 80 jam rekaman dari dua bulan sebelum dan dua bulan setelah kelahiran lumba-lumba bernama Mira. Mira lahir dari betina berusia 9 tahun di Six Flags Discovery Kingdom, Vallejo, California.

Para peneliti tidak hanya mencatat betina dan bayinya, tetapi juga lima lumba-lumba lain yang ditempatkan bersama mereka. Cara itu dilakukan, agar mereka bisa memastikan apakah komunikasi eksklusif memang terjadi antara pasangan ibu-bayi lumba-lumba tersebut.

Mereka menemukan bahwa siulan ibu lumba-lumba terjadi begitu intensif, tepat sebelum kelahiran bayi, dan berlanjut sampai sekitar dua minggu setelah Mira lahir.

Baca juga: Beberapa Jenis Hewan Reptil Ternyata Vegetarian

Related

Science 8106065973701586265

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item