7 Makanan yang perlu Dihindari Penderita Penyakit Jantung

7 Makanan yang perlu Dihindari Penderita Penyakit Jantung

Naviri Magazine - Makanan enak tidak pasti terjamin sehat, sebagaimana makanan sehat kadang rasanya juga kurang menarik. Dalam kondisi sehat—dalam arti tidak mengidap penyakit apa pun—kita tentu boleh coba-coba makanan yang diinginkan. Namun, jika kita kebetulan mengidap penyakit tertentu, biasanya ada makanan-makanan yang harus dijauhi, karena dapat memperparah penyakit yang kita derita.

Begitu pula dengan penderita penyakit jantung. Karena adanya masalah jantung, penderita juga harus selalu ingat untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang dapat memperparah penyakitnya. Dalam hal itu, berikut ini adalah tujuh makanan yang perlu diperhatikan untuk dijauhi atau tidak dikonsumsi.

Daging olahan

Ada beberapa jenis daging olahan yang harus dihindari penderita jantung koroner, seperti sosis, kornet, daging asap, nugget, dan makanan sejenisnya, yang di awetkan menggunakan garam, nitrat, dan bahan pengawet lainnya.

Menurut para ahli, kadar garam dan pengawet yang sangat tinggi dan berlebihan akan meningkatkan bahaya jantung koroner. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa daging yang telah diawetkan memiliki pengaruh yang sangat buruk terhadap kesehatan jantung.

Makanan cepat saji

Banyak orang menyukai mengonsumsi makanan cepat saji alias fast food. Meski lezat dan menggugah selera, Anda perlu tahu bahwa makanan cepat saji sangat berbahaya bagi tubuh. Ini karena di dalam fast food terdapat kadar sodium, lemak trans, dan gula sangat tinggi.

Ditambah pula dengan kenyataan bahwa fast food sangat rendah serat dan gizi, hingga menjadi lebih berbahaya bagi tubuh pengonsumsinya. Ketika porsi fast food sangat berlebihan dan besar, tak hanya jantung yang bisa terancam kesehatannya. Organ hati, ginjal, hingga sistem pencernaan, bisa terganggu pula.

Karbohidrat olahan

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena kita memperoleh tenaga juga dari karbohidrat. Namun, para penderita penyakit jantung sebaiknya tidak mengonsumsi makanan-makanan berkarbohidrat olahan. Karbohidrat olahan justru masuk dalam pantangan bagi yang punya masalah dengan kesehatan jantung.

Proses pengolahan karbohidrat olahan memang turut menyertakan fitokimia, lemak sehat, serat, dan mineral, tapi ada tambahan yang mungkin tak terbayangkan. Ada bahan-bahan berbahaya bagi tubuh yang biasanya turut ditambahkan, yakni lemak trans, gula atau fruktosa, juga sodium alias garam, sehingga otomatis menjadi tidak sehat lagi. Makanan rendah gula biasanya cukup sering memakai fruktosa.

Makanan mengandung trigliserin

Anda juga perlu memperhatikan bahwa makanan dengan kandungan trigliserin tinggi bukan untuk penderita penyakit jantung. Makanan dengan kandungan trigliserin tinggi akan menaikkan kadar kolesterol, sehingga mengancam kondisi jantung Anda.

Ingat bahwa trigliserin merupakan lemak jahat yang berpotensi menyumbat arteri jantung.

Makanan dengan kolesterol dan lemak trans tinggi perlu menjadi pantangan utama, karena lemak trans merupakan jenis lemak yang biasa digunakan untuk membuat makanan ringan atau makanan yang dipanggang lebih awet.

Kolesterol jahat atau LDL bisa langsung meningkat, apabila Anda sering mengonsumsi makanan-makanan berlemak trans. Lemak trans merupakan jenis lemak yang bisa ditemukan pada makanan panggang atau makanan cepat saji.

Terlalu banyak mengonsumsi telur

Sebenarnya, mengonsumsi telur tidak berbahaya, jika dalam porsi yang seimbang. Namun, jika berlebihan tetap saja berbahaya. Yang paling berbahaya adalah produk dari kuning telur yang dapat meningkatkan kolesterol, hal inilah yang dapat menjadi faktor serangan jantung.

Terlalu banyak gula

Banyak orang yang suka mengonsumsi atau mengemil makanan manis. Sayangnya, dalam sebuah penelitian diketahui bahwa mengonsumsi banyak makanan manis dapat menyebabkan diabetes, dan hal itu merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Lemak jenuh

Kita harus tahu bahwa di dalam beberapa makanan terdapat lemak jenuh yang berbahaya, di antaranya adalah daging merah, produk susu, dan kelapa, serta minyak sawit.

Jika Anda penderita penyakit jantung, Anda harus menghindari makanan-makanan di atas, agar penyakit Anda tidak semakin parah. Segera cegah dan obati mulai dari sekarang sebelum terlambat.

Baca juga: Tips yang Perlu Diingat untuk Menghindari Penyakit Jantung

Related

Health 6437515980075057669

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item