Misteri Munculnya Bola-bola Es Raksasa di Siberia

 Misteri Munculnya Bola-bola Es Raksasa di Siberia

Naviri Magazine - Fenomena-fenomena alam yang aneh atau langka sering muncul di berbagai tempat. Kadang salju muncul di tempat yang semula tidak pernah mengenal salju, semisal di padang pasir Arab yang terkenal kering dan tandus. Hal tak jauh beda terjadi di Siberia. Kali ini bukan kemunculan salju, melainkan bola-bola es raksasa yang misterius.

Penduduk bagian barat laut Siberia, wilayah luas yang terletak di Rusia dan sebelah utara Kazakhstan, dikagetkan dengan sebuah pemandangan langka. Di Teluk Ob tiba-tiba muncul banyak bola es raksasa.

Ratusan bola es tersebut menutupi garis pantai sepanjang 18 km, seperti dilansir dari Siberian Times. Di beberapa daerah, bola-bola itu bahkan telah membentuk dinding es.

Tidak ada yang yakin 100 persen bagaimana bola-bole es itu bisa terbentuk dan terseret hingga ke bibir pantai. Namun, peneliti punya analisis. Mereka mengungkapkan, bola-bola itu kemungkinan terbentuk karena sebuah proses kombinasi yang tak biasa dari suhu, es, dan arus laut.

"Ini merupakan fenomena alam yang langka," ujar Sergei Lisenkov, Sekretaris Institut Riset Arktik dan Antartika (AARI). Ia menjelaskan, bola-bola raksasa ini terbentuk dari fragmen es yang secara terus-menerus tergulung.

Bola-bola es ini memiliki ukuran yang beragam. Ada yang berukuran sebesar bola tenis, hingga yang berdiameter hampir 1 meter.

Mereka muncul ketika permukaan air Teluk Ob mengalami pasang, dan menutupi bibir pantai dengan es. Kemudian air mulai perlahan-lahan surut, sedangkan es tetap berada di sana. Potongan-potongannya yang berguling di pasir basah, kemudian berubah menjadi bola itu.

"Es padat dan potongan-potongan es terbentuk di permukaan air. Kemudian, kombinasi dari embusan angin, garis pantai, dan suhu, menyebabkan pembentukan bola tersebut," ujar Lisenkov.

Supaya bisa mencapai pantai, bola-bola harus memiliki ukuran yang tepat. Seringkali, bola es sudah terbentuk tetapi tidak mencapai ukuran seperti yang ada di Teluk Ob, sehingga tak pernah mencapai pantai.

Para penduduk sekitar mengatakan bahwa mereka tidak pernah mengalami kejadian seperti ini sebelumnya. "Bahkan para manula mengatakan fenomena ini terjadi untuk kali pertama selama mereka hidup," ujar Valery Akulov, salah satu pemandu wisata lokal di sana.

Fenomena bola-bola es ini bukan yang kali pertama terjadi di dunia. Pada 2010, Chicago Tribune melaporkan terjadi pemandangan serupa di Danau Michigan. Dalam sebuah video yang dirilis, menunjukkan bola cair terdampar di tepian danau Illinois.

Kemudian, pada 2015, video lain, masih di Danau Michigan, menunjukkan seorang pria mengarungi perairan dingin di danau tersebut untuk mengambil contoh bola es besar seukuran bola basket, seperti dilaporkan NPR.

Sejauh yang pernah tercatat, fenomena ini pernah muncul juga di Teluk Finlandia di Eropa, pada 2014.

Baca juga: Akhirnya, Ilmuwan Menemukan ‘Monster’ di Segitiga Bermuda

Related

World's Fact 4852878553732650387

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item