Biografi Salvador Dalí, Pelukis Terpenting dari Spanyol

Biografi Salvador Dalí, Pelukis Terpenting dari Spanyol

Naviri Magazine - Salvador Felip Jacint Dalí Domènech, atau yang terkenal dengan nama Salvador Dalí, adalah salah satu pelukis terpenting dari Spanyol, yang lahir di kota Fiqueras. Ia lahir pada 11 Mei 1904, dan dikenal lewat karya-karyanya yang surealis, dan dianggap sebagai perintis lahirnya aliran kubisme dalam dunia seni lukis.

Selain melukis, dia juga seorang perancang, produser film surealis, ilustrator buku, pengrajin perhiasan, pencipta kostum, dan perancang seni panggung.

Bakat melukis Dalí sudah terlihat sejak ia masih remaja. Pada waktu berusia 10 tahun, ia telah menyelesaikan dua buah lukisan, yang ia beri judul “Joseph Greeting His Brothers”, dan “Portrait of Helen Troy”.

Memasuki usia 17 tahun, ia masuk ke National School of Art di Madrid, dan dengan cepat ia terkenal sebagai pelukis modern dengan ide-ide baru yang orisinal sekaligus mengejutkan.

Kejeniusan Dalí juga menjadikannya sebagai sosok kontroversial. Tingkah lakunya di sekolah kadang tak terkendali, dan hal itu menimbulkan kebencian pimpinan sekolahnya. Pada tahun 1924, ia dituduh memimpin kerusuhan para murid di sekolah, dan ia diskors selama satu tahun.

Tidak lama setelah itu, ia juga sempat dipenjara di Figueras karena dituduh terlibat dalam kegiatan politik melawan pemerintah. Ia dikembalikan ke sekolah satu tahun kemudian, dan tak lama setelah itu ia dikeluarkan dari sekolahnya dengan alasan “tidak mampu mengendalikan perilakunya”.

Menanggapi pemecatan sekolahnya itu, Dalí berkilah bahwa ia dipecat akibat penolakannya untuk menempuh ujian sejarah kesenian yang diberikan oleh profesor yang menurutnya berpengetahuan intelektual di bawahnya.

Pemecatan itu justru menjadikan Dalí semakin produktif, dan pada tahun 1925 ia mengadakan pameran tunggal yang pertama. Pada masa itu pula dia mulai menggambarkan berbagai jenis gaya, tidak terikat pada satu jenis lukisan. Selain produktif melukis, Dalí juga menghasilkan film-film surealis, di antaranya “An Andalusion Dog”, dan “The Golden Age”.

Praktis seumur hidupnya Dalí terus menghasilkan karya, hingga ia meninggal dunia pada 23 Januari 1989, dalam usia 85 tahun.

Baca juga: Pramoedya Ananta Toer, Penulis Genius yang Super Produktif

Related

History 4975827202013101958

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item