Biografi Sully-Prudhomme, Penyair Prancis Peraih Nobel

Biografi Sully-Prudhomme, Penyair Prancis Peraih Nobel

Naviri Magazine - Lahir di Paris, Prancis, 16 Maret 1839, René François Armand Sully-Prudhomme adalah penyair Prancis yang merupakan pemenang Nobel pertama di bidang sastra.

Awalnya, Prudhomme ingin menjadi insinyur, namun karena menderita penyakit mata, ia terpaksa berhenti kuliah di institut politeknik. Ia kemudian mempelajari sastra dan bergabung dalam sebuah kelompok pelajar yang mendorongnya untuk menulis puisi.

Buku kumpulan puisi pertamanya, “Stances et Poèmes”, terbit saat ia berusia 26 tahun, dan berhasil menciptakan reputasi yang positif. Setelah itu dia merilis buku karyanya yang lain, di antaranya “Les épreuves”, “La France”, “Épaves, A. Lemerre”, dan lain-lain.

Pada tahun 1881, Sully Prudhomme diangkat sebagai anggota Akademi Prancis, dan pada tahun 1901 ia menerima hadiah Nobel.

Sully Prudhomme meninggal di Châtenay-Malabry, Prancis, pada 16 September 1907, dalam usia 68 tahun. Uang dari penghargaan Nobel yang diperolehnya disumbangkannya untuk asosiasi penulis Prancis, untuk menolong penyair bercita-cita tinggi dalam penerbitan buku pertama mereka.

Baca juga: Biografi Dmitri Mendeleev, Pakar Kimia Terkenal Rusia

Related

Figures 8715151492086170450

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item