Biografi Dmitri Mendeleev, Pakar Kimia Terkenal Rusia

Biografi Dmitri Mendeleev, Pakar Kimia Terkenal Rusia

Naviri Magazine - Dmitri Ivanov Mendeleev adalah pakar kimia terkenal dari Rusia yang berhasil menyusun 63 elemen kimia yang ada pada masa itu, ke dalam sebuah tabel periodik dengan berdasarkan pada massa atomnya.

Tabel Periodik Mendeleev—begitu istilah terkenalnya—dipublikasikan pada tahun 1869, dan di dalam tabel tersebut disediakan ruang kosong untuk unsur kimia yang diprediksikannya akan ditemukan pada masa mendatang. Ia mempublikasikan versi terakhir tabelnya pada tahun 1871.

Mendeleev memulai karirnya di bidang kimia dengan mengikuti Main Pedagogical Institute di University of St. Petersburg, untuk mengambil gelar doktornya di bidang kimia pada tahun 1849. Setelah itu, ia meraih gelar Ph.D. di universitas yang sama dan mengajar di sana hingga ia ditunjuk menjadi Ketua Divisi Kimia di University of St. Petersburg.

Pada tahun 1906, Dmitri Mendeleev menjadi kandidat penerima Nobel untuk bidang kimia, namun kemudian Komite Nobel membatalkannya, dan mengalihkan Nobel Kimia untuk tahun tersebut kepada Henri Moissan yang menemukan unsur flourine, suatu elemen yang telah diprediksi keberadaannya oleh Dmitri Mendeleev.

Satu tahun setelah itu, pada 2 Februari 1907, Mendeleev meninggal dunia dalam usia 73 tahun.

Baca juga: Biografi Paul Cézanne, Pelukis Berpengaruh Asal Prancis

Related

Science 7319959396462296150

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item