Burung Punya Kemampuan Mendengar yang Menakjubkan

Burung Punya Kemampuan Mendengar yang Menakjubkan

Naviri Magazine - Tentu saja burung bisa mendengar. Burung memiliki telinga yang peka sebagaimana reptil. Telinga bagian luar terdiri atas lubang telinga yang pendek atau cuping, yang biasanya tersembunyi di bawah bulu halus pada bagian kepala samping, sementara telinga bagian dalam terdiri atas membran dan rangkaian indra pendengar yang memungkinkan burung dapat mengenali suara atau bunyi.

Berdasarkan penelitian, burung-burung mampu mendengar bunyi dengan frekuensi antara 100 sampai 12.800 Hz. Sebagai perbandingan, frekuensi bunyi yang dapat didengar manusia berkisar antara 20 sampai 20.000 Hz.

Burung mampu membedakan bunyi yang muncul seperti yang didengar manusia, dan burung menggunakan kemampuan mendengarnya untuk melindungi diri dari musuh atau bahaya lain.

Beberapa jenis burung juga menggunakan suara-suara tertentu untuk mengenali pasangan atau kelompoknya, sementara burung lain—semisal burung hantu—mengandalkan pendengaran dalam mengintai dan menangkap mangsanya.

Baca juga: Mengapa Ekor Tokek Tetap Hidup Setelah Terputus dari Tubuhnya?

Related

Science 5566809164444506202

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item