Proses Menakjubkan Keluarnya Kupu-kupu dari Kepompong

Proses Menakjubkan Keluarnya Kupu-kupu dari Kepompong

Naviri Magazine - Setelah proses metamorfosis selesai, kupu-kupu akan menggunakan cairan khusus yang diformulasikan untuk melunakkan kepompong.

Kepompong yang melingkupi kupu-kupu itu pun akan melunak dan terlihat transparan, lalu kupu-kupu akan menggunakan cakar tajamnya untuk merobek kepompong untuk kemudian keluar dari sana.

Setelah keluar dari kepompong, kupu-kupu akan memulai proses pengembangan, pengerasan, dan pengeringan sayap mereka, serta menyesuaikan diri dengan tubuh baru mereka.

roses itu dapat berlangsung beberapa jam, dan tahap itu merupakan tahap yang rentan, karena pada waktu itu kupu-kupu belum dapat terbang dan tidak memiliki bentuk pertahanan apa pun.

Setelah proses adaptasi dengan tubuh barunya selesai, barulah kupu-kupu akan menjadi sosok seperti yang biasa kita lihat—berwarna-warni, dan terbang dengan indah.

Bagaimana membedakan kupu-kupu dengan ngengat?

Kupu-kupu terbang pada siang hari, mereka memiliki antena berbentuk lonjong, dan pada umumnya memiliki warna yang cerah. Sedangkan ngengat terbang pada malam hari, memiliki antena yang berbulu, dan warnanya lebih kusam.

Baca juga: Mengapa Laba-laba Tidak Jatuh di Tempat yang Miring?

Related

Science 8977183744308189051

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item