Kupu-kupu, Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Dunia

Kupu-kupu, Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Dunia

Naviri Magazine - Bisa jadi, kupu-kupu adalah makhluk yang memiliki indra penglihatan paling tajam di dunia. Mata hewan itu berbentuk seperti belahan bola, yang membesar pada bagian atas kepala (biasanya disebut mata majemuk).

Pada waktu memfokuskan pandangan pada objek yang dilihatnya, kupu-kupu akan menggunakan enam sisi lensa mikroskopik yang memungkinkan mereka melihat ke segala arah secara bersamaan. Kemampuan itu menjadikan pandangannya benar-benar tajam sekaligus terfokus.

Selain itu, kupu-kupu juga dapat melihat sinar ultraviolet, yang tidak dapat dilihat manusia. Kelebihan itu membantu kupu-kupu dalam mencari nektar pada bunga.

Adakah kupu-kupu yang beracun?

Ada spesies kupu-kupu yang dalam bahasa Latin disebut Hebomia glaucippe. Kupu-kupu Asia ini memiliki warna sayap oranye dan merah yang mencolok, namun mengandung racun.

Racun yang terdapat pada kupu-kupu tersebut dinamakan glacontryphan-M. Hingga saat ini, racun glacontryphan-M hanya ditemui pada siput laut jenis Conus marmoreus.

Pada siput laut, racun tersebut digunakan untuk melumpuhkan musuh dengan cara ditembakkan.

Namun, pada kupu-kupu, racun itu tidak ditujukan untuk menyerang, melainkan untuk bertahan dari serangan predator yang di antaranya semut, belalang, dan burung, yang biasanya memangsa sayap kupu-kupu.

Baca juga: Mengapa Laba-laba Punya Banyak Kaki?

Related

Science 3981614451058133497

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item