Mengapa Badak Menyukai Burung Bertengger di Punggungnya?

Mengapa Badak Menyukai Burung Bertengger di Punggungnya?

Naviri Magazine - Burung yang biasa bertengger di punggung badak adalah burung pematuk kutu, yang merupakan anggota keluarga burung jalak. Burung tersebut hanya memakan parasit yang terdapat pada kulit hewan mamalia yang besar—semisal badak.

Burung-burung itu memiliki paruh dan kuku tajam dan ekor yang kaku untuk menopang tubuh mereka ketika bertengger pada tubuh hewan mamalia.

Semua hewan mamalia menyukai burung-burung tersebut bertengger di punggung mereka dengan kaki yang mencengkeram.

Mereka juga tidak keberatan jika burung-burung itu mencabuti rambut atau bulu mereka untuk membuat sarang, karena burung-burung itu telah membantu menghilangkan parasit yang ada di tubuh mereka.

Mengapa badak suka mandi lumpur?

Di hari-hari yang panas, badak sering mandi di air berlumpur. Ketika lumpur mengering di tubuhnya, badak menjadikan lumpur itu sebagai semacam tabir surya. Lumpur melindungi tubuhnya dari sengatan sinar matahari, sekaligus berfungsi mendinginkan, dan mencegah gigitan serangga.

Induk badak juga sering melumuri anak-anaknya dengan lempur sebelum anak-anak itu pergi untuk bermain, dengan tujuan yang sama.

Baca juga: Panda Menghabiskan Waktu 14 Jam Hanya untuk Makan

Related

Science 1735969083089572976

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item