Mengapa Gigitan Serangga Dapat Berbahaya?

Mengapa Gigitan Serangga Dapat Berbahaya?

Naviri Magazine - Serangga semisal nyamuk atau kutu sering kali menggigit tubuh kita, dan efeknya memang relatif ringan. Namun, gigitan serangga juga dapat berbahaya karena dapat menularkan penyakit tertentu ke tubuh kita.

Serangga semisal nyamuk, kutu tikus, atau kutu busuk, dianggap berbahaya karena gigitan mereka bisa menyebarkan penyakit.

Ketika nyamuk menggigit orang yang memiliki suatu penyakit—misalnya malaria—dan kemudian beralih menggigit orang yang sehat, maka orang yang sehat dapat tertular malaria melalui perantaraan nyamuk tersebut.

Bahkan hingga masa sekarang, diperkirakan ada 200 juta orang yang meninggal setiap tahun di dunia akibat malaria yang ditularkan oleh nyamuk anopheles. Sementara itu, kutu tikus menyebabkan penyakit pes. Kutu busuk menyebabkan penyakit kulit.

Serangga-serangga tersebut mengisap darah manusia untuk bertahan hidup. Ketika mengisap, mereka menusukkan mulutnya yang runcing, dan dalam proses itulah perpindahan kuman atau bakteri yang merupakan bibit penyakit terjadi.

Baca juga: Tak Terduga, Ternyata Kunang-kunang Punya 2.000 Spesies

Related

Science 7375528419612458823

Recent

item