Mengapa Laut Berubah Berkilau pada Malam Hari?

 Mengapa Laut Berubah Berkilau pada Malam Hari?

Naviri Magazine - Di laut, ada makhluk yang disebut krill, yang fisiknya menyerupai udang kecil yang memakan plankton. Tubuh mereka berisi organ yang menghasilkan cahaya, sehingga dapat membuat laut menjadi berkilau kehijau-hijauan pada malam hari.

Ketika musim panas, kawanan krill yang amat banyak bahkan dapat mengubah air laut menjadi tampak merah.

Krill adalah salah satu makhluk yang paling banyak terdapat di bumi. Jika seluruh krill yang ada di lautan dikumpulkan, beratnya akan melebihi keseluruhan manusia yang ada di bumi.

Bagaimana manusia mencemari lautan?

Manusia mencemari lautan dengan banyak cara. Minyak dan bahan bakar yang tumpah dari kapal, juga sampah dan bahan kimia, semuanya memiliki andil dalam pencemaran di lautan.

Manusia juga—tanpa sadar—membunuh makhluk laut dengan mengendarai jet ski secara serampangan atau dengan meninggalkan kotoran. Bahkan kantong plastik yang mengapung di laut pun ikut membunuh banyak hewan, karena banyak di antara mereka yang memakannya karena mengira kantong plastik itu ubur-ubur.

Saat ini, laut Mediterania dianggap sebagai laut yang paling tercemar di dunia, sehingga banyak hewan yang hidup di sana—semisal penyu hijau dan anjing laut—terancam kepunahan.

Baca juga: Dunia di Bawah Ancaman Mengerikan Naiknya Air Laut

Related

Science 5604590269605495394

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item