Negara-negara yang Paling Banyak Memasang Kamera CCTV

Negara-negara yang Paling Banyak Memasang Kamera CCTV

Naviri Magazine - Closed-circuit television atau CCTV telah menjadi peranti yang umum digunakan di banyak tempat. Di swalayan, di toko-toko modern, di berbagai tempat umum, sampai di pekarangan rumah, ada banyak CCTV terpasang. Tujuannya tentu demi keamanan. Melalui CCTV, akan terekam siapa saja yang ada di suatu tempat, dan apa saja yang dilakukannya.

Eric L. Piza, akademisi pada City University of New York, dalam paper berjudul “The History, Policy Implications, and Knowledge Gaps of the CCTV Literature: Insights for the Development of Body-Worn Video Camera Research” menyebut sejarah CCTV bisa ditarik hingga 1978.

CCTV alias Closed-circuit television atau siaran yang menggunakan sinyal tertutup, dimanfaatkan secara drastis sebagai “alat pencegah kejahatan.”

Menurut Piza, Inggris merupakan salah satu negara yang masif memasang CCTV di banyak sudut. Pada 2002, terdapat lebih dari 4,2 juta CCTV di Inggris. Ini artinya, tiap 14 penduduk Inggris diawasi 1 CCTV.

Selain Inggris, negeri lain yang getol memasang CCTV adalah Amerika Serikat. Kepolisian negeri Paman Sama itu bahkan getol menjadikan rekaman CCTV menjadi barang bukti kejahatan. Tercatat, 49 persen laporan kejahatan yang dibuat kepolisian memasukkan rekaman CCTV sebagai bukti.

Melansir data IHS, terdapat 245 juta CCTV yang terpasang di seluruh dunia. Meski Inggris dan Amerika Serikat merupakan negeri yang gemar memasang CCTV, Asia merupakan penyumbang terbesar CCTV di dunia.

Diperkirakan, 65 persen dari total CCTV yang terpasang di seluruh dunia pada 2014, ada di Asia. Ini tak terlalu mengherankan. Beijing misalnya, memiliki 470 ribu CCTV yang mengawasi berbagai tempat di kota.

Masifnya CCTV di dunia, gerak-gerik tiap manusia mudah terekam tanpa disadari atau tak disadari.

Baca juga: Kini, Indonesia Mulai Menerapkan CCTV dan E-Tilang

Related

World's Fact 9089147463663599722

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item