Sejarah Bulgaria, dari Jajahan Turki Ottoman Sampai Merdeka

Sejarah Bulgaria, dari Jajahan Turki Ottoman Sampai Merdeka

Naviri Magazine - Sejak tahun 1393, Bulgaria dijajah oleh Turki Ottoman. Lima abad setelah itu, pada tahun 1878, Ottoman dikalahkan oleh Rusia, dan Bulgaria Utara dinyatakan sebagai wilayah kerajaan yang dikuasai Bulgaria, meski tetap di bawah pengawasan Ottoman. Sedangkan Bulgaria Selatan tetap dikuasai Ottoman.

Pada tahun 1885, Pangeran Alexander, penguasa Bulgaria, merebut kembali wilayah Bulgaria Selatan, dan pada 12 November 1908 Bulgaria pun memproklamasikan kemerdekaannya dari Ottoman, dan memperoleh kedaulatan penuh.

Selama Perang Dunia I dan II, Bulgaria selalu bergabung dengan negara-negara fasis bersama Jerman. Setelah mengalami kekalahan pada Perang Dunia II, Bulgaria kemudian dikuasai Uni Soviet, dan terbentuklah pemerintahan sosialis di negara tersebut. Ketika Uni Soviet runtuh pada akhir dekade 1980-an, pemerintah komunis di Bulgaria pun dihapuskan.

Bulgaria adalah negara di Eropa Tenggara, yang berbatasan dengan Rumania di utara, Serbia dan Republik Makedonia di barat, serta Yunani dan Turki di selatan. Dengan luas wilayah 110.994 kilometer persegi, Bulgaria menjadi negara terluas ke-16 di Eropa.

Baca juga: Negara-negara dengan Usia Paling Singkat di Dunia

Related

History 3256386593709671885

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item