Skenario Kiamat dan Hancurnya Peradaban Bumi Menurut Ilmuwan

Skenario Kiamat dan Hancurnya Peradaban Bumi Menurut Ilmuwan

Naviri Magazine - Manusia meyakini datangnya kiamat, dan ketika hal itu tiba maka manusia akan hancur bersama dunia seisinya. Kiamat yang diyakini kebanyakan manusia adalah kiamat sebagaimana yang diajarkan oleh agama. Sementara ilmuwan berusaha mencari tahu bagaimana kira-kira kiamat itu akan terjadi, dan bagaimana peradaban manusia akan runtuh serta musnah karena datangnya kiamat.

Adam Frank, seorang profesor fisika dan astronomi di University of Rochester di New York, adalah penulis utama makalah baru yang diterbitkan 1 Mei 2018 di jurnal Astrobiology, yang bertujuan untuk mengambil apa yang disebut sebagai pandangan "10.000 tahun cahaya" antropogenik perubahan iklim.

Dengan menggunakan model matematika berdasarkan hilangnya peradaban di Bumi (bekas penduduk Pulau Paskah), Frank dan rekan-rekannya mensimulasikan berbagai peradaban akan naik dan turun jika mereka semakin mengubah sumber daya alam planet mereka yang terbatas menjadi energi.

"Hukum-hukum fisika menuntut agar setiap populasi membangun peradaban yang intensif seperti kita, dan itu akan memiliki umpan balik terhadap planetnya," kata Frank. "Melihat perubahan iklim dalam konteks kosmik ini dapat memberi kita wawasan yang lebih baik, tentang apa yang terjadi pada kita sekarang dan bagaimana mengatasinya."

Hasilnya, dari empat "lintasan" umum untuk peradaban yang penuh energi, tiga berakhir dengan kiamat. Skenario keempat - jalur yang mengubah seluruh masyarakat asing menjadi sumber energi berkelanjutan - hanya bekerja ketika peradaban mengenali kerusakan yang mereka lakukan terhadap planet, dan bertindak di saat yang tepat.

"Skenario terakhir adalah yang paling menakutkan," kata Frank. "Bahkan jika Anda melakukan hal yang benar, jika Anda menunggu terlalu lama, Anda masih bisa membuat populasi Anda runtuh."

Tiga jalan menuju kiamat

Bagi Frank, jalan menuju pemodelan suatu kiamat dimulai dengan Pulau Paskah.

"Pulau Paskah menyajikan contoh yang sangat berguna untuk tujuan kita sendiri, karena sering diambil sebagai pelajaran untuk keberlanjutan global," ungkap frank seperti dilansir NBC News.

Bekerja dari persamaan sebelumnya yang memodelkan jatuhnya populasi Pulau Paskah bersama dengan penipisan sumber dayanya, tim menemukan empat titik akhir yang mungkin untuk peradaban hipotetis, yang sama-sama dibatasi oleh sumber daya alam yang terbatas.

Empat skenario untuk nasib peradaban dan planet mereka, berdasarkan model matematika yang dikembangkan oleh Adam Frank dan rekan-rekannya. Garis hitam menunjukkan lintasan populasi peradaban, dan garis merah menunjukkan lintasan yang berevolusi bersama dari keadaan planet (proksi untuk suhu).

"Lintasan pertama yang kami temukan adalah apa yang kami sebut mati," kata Frank.

Dalam skenario ini, populasi peradaban meroket dalam waktu singkat. Dan ketika populasi membuang waktu serta energi dengan mengeluarkan gas rumah kaca, lonjakan suhu planet juga populasi mencapai puncak, lalu tiba-tiba merosot ketika suhu meningkat, dan membuat hidup semakin sulit. Populasi akhirnya melesat, tetapi dengan sebagian kecil orang-orang yang ada harus tersingkir satu per satu.

"Bayangkan jika tujuh dari 10 orang yang Anda kenal meninggal dengan cepat," kata Frank. "Tidak jelas ada peradaban teknologi kompleks dapat bertahan dari perubahan semacam itu."

Skenario kedua adalah keberlanjutan. Di sini, baik populasi planet maupun suhu global menanjak dengan cepat, tetapi kemudian naik level ketika peradaban mengenali bagaimana pengelolaan sumber daya mempengaruhi alam.

Untuk mencapai kesetimbangan, kata Frank, populasi akan perlu beralih dari sumber daya yang mengambil tol tinggi di planet (seperti minyak) ke sumber daya yang lebih berkelanjutan (seperti energi matahari). Peradaban pun diselamatkan.

Sementara skenario ketiga dan keempat disebut "runtuh." Di sini, seperti dalam skenario "mati", populasi planet maupun suhu planet meningkat secara dramatis dalam waktu singkat. Tapi kali ini, ketika orang mulai mati karena kekurangan sumber daya dasar, tidak ada yang selamat. Apakah peradaban hanya mati atau benar-benar runtuh, tergantung pada seberapa sensitif lingkungan, dan seberapa cepat ia merespons populasi yang meningkat.

Perbedaan antara masa depan yang berkelanjutan dan keruntuhan yang mematikan, sebagian besar tergantung pada kejelian populasi; seberapa cepat mereka menyadari bahwa mereka menghancurkan planet mereka, dan seberapa cepat mereka mengambil tindakan. Menurut Frank, perbedaan ini harus memotivasi manusia untuk menanggapi perubahan iklim dengan serius.

"Di ruang kosmik dan waktu, Anda akan memiliki pemenang - yang berhasil melihat apa yang sedang terjadi dan mencari jalan melaluinya - dan pecundang, yang tidak bisa bertindak bersama, dan peradaban mereka jatuh di pinggir jalan," kata Frank.

Baca juga: Misteri di Balik Kehebatan Ilmu Astronomi Bangsa Maya 

Related

Science 3252192367503334049

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item