Apa Fungsi Sayap Penguin, dan Apakah Penguin Bisa Terbang?

Apa Fungsi Sayap Penguin, dan Apakah Penguin Bisa Terbang?

Naviri Magazine - Penguin adalah jenis burung yang hidup di air. Tubuh mereka dilengkapi sepasang sayap. Meski sebangsa burung, penguin tidak bisa terbang. Sebaliknya, mereka mahir berenang di air.

Sayap yang dimiliki penguin berfungsi sebagai dayung ketika mereka berenang. Saat di darat, penguin menggunakan sayap dan ekornya untuk menjaga keseimbangan ketika berjalan.

Ada beberapa jenis penguin. Yang terbesar adalah penguin emperor, yang tingginya bisa mencapai 1,2 meter dengan berat 35 kilogram. Sedang yang terkecil adalah penguin peri, yang tingginya hanya sekitar 40 sentimeter, dengan berat sekitar 1 kilogram.

Apakah penguin bisa terbang?

Penguin merupakan burung yang tidak bisa terbang, namun mereka adalah burung penyelam dan perenang yang kuat. Di dalam laut, mereka dapat “terbang” dengan menggunakan sayap mereka untuk mendorong di dalam air.

Ketika berenang dengan cepat, mereka sering kali melompat dari air dan kemudian menyelam kembali—suatu gerakan yang dikenal dengan istilah porpoising (gerakan seperti ikan lumba-lumba).

Penguin emperor, yang merupakan penguin terbesar dan dapat tumbuh hingga mencapai 1,2 meter, bahkan dapat menyelam hingga kedalaman 260 meter, dan tinggal di dalam air selama 18 menit.

Baca juga: Bagaimana Ikan Mampu Hidup di Laut Kutub yang Dingin?

Related

Science 8565568067175726471

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item