Wow, Semut Bisa Membawa Beban 50 Kali Berat Tubuhnya

Wow, Semut Bisa Membawa Beban 50 Kali Berat Tubuhnya

Naviri Magazine - Meski berukuran kecil, namun semut termasuk hewan yang kuat, karena mereka mampu mengangkat atau membawa beban yang beratnya lima puluh kali dari berat tubuhnya. Sebagai perbandingan, jika manusia memiliki kekuatan semacam itu, maka kita bisa mengangkat sebuah mobil.

Biasanya, semut membawa atau menyeret makanan yang berat menuju sarangnya. Makanan itu bisa berupa serpihan-sepihan tanaman, atau potongan-potongan tubuh hewan, atau lainnya.

Bagaimana semut mempertahankan sarangnya?

Banyak jenis semut yang mempersenjatai diri mereka dengan sengat sebagai perlindungan, sementara yang lain—misalnya jenis semut kayu besar di Eropa—dapat menyemprotkan cairan asam ke arah musuh.

Ada pula jenis semut yang memiliki prajurit dalam jumlah besar, dan mereka biasanya bergantung pada kekuatan rahangnya dalam menghadapi musuh yang datang.

Ada pula beberapa spesies yang menggunakan cara khusus untuk menghalau musuh, yaitu semua semut prajurit akan menutup jalan masuk ke sarang dengan menggunakan tubuh mereka. Selain itu, ribuan pasukan semut yang sedang berbaris merupakan salah satu mesin pembunuh yang sangat hebat dalam dunia hewan.

Baca juga: Apa yang Akan Terjadi Jika Gajah Kehilangan Belalainya?

Related

Science 9206605070585166331

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item