Dunia Maya Geger, 773 Juta Akun Email dan Password Bocor

Dunia Maya Geger, 773 Juta Akun Email dan Password Bocor

Naviri Magazine - Email dan password adalah dua hal yang sangat penting bagi siapa pun yang aktif di dunia maya. Pasalnya, ada banyak hal yang terhubung dengan email kita. Karenanya, password untuk membuka email menjadi sesuatu yang selalu dirahasiakan pemiliknya.

Sayangnya, urusan email dan password ini kadang mengalami kebocoran, dan membuat banyak orang waswas.

Kini, kebocoran data pribadi di dunia maya kembali terjadi. Kali ini dikabarkan data dalam jumlah besar, yang berisi 773 juta alamat email dan 22 juta password, beredar luas di internet.

Data berisi email dan password tersebut ditemukan tersimpan di layanan penyimpanan awan bernama MEGA. Dikhawatirkan, data tersebut disalahgunakan oleh orang lain dengan tujuan tertentu.

Dalam sebuah situs keamanan Have I Been Pwned, ahli keamanan Troy Hunt mengatakan koleksi data tersebut berjumlah lebih dari 12.000 file terpisah, dan totalnya berukuran lebih dari 87 GB.

Temuan data tersebut diberi nama 'Collection #1' dan terdiri dari satu set alamat email dan kata sandi yang berjumlah 2.692.818.238 baris, yang diduga berasal dari berbagai sumber.

"Apa yang bisa saya katakan adalah bahwa data pribadi saya ada di sana dan itu akurat, alamat email yang benar dan kata sandi yang saya gunakan bertahun-tahun yang lalu," kata Hunt, seperti dikutip dari ZDNet. "Singkatnya, jika kamu dalam kebocoran ini, satu atau lebih kata sandi yang sebelumnya kamu gunakan ada di sana dan bisa dilihat orang lain."

Hunt mengatakan dia mendapatkan informasi tersebut setelah beberapa orang memberikan data yang tersimpan di MEGA tersebut kepadanya.

Apa yang harus dilakukan korban kebocoran email?

Jika kamu khawatir email pribadi milikmu termasuk dalam kebocoran data ini, kamu bisa mengecek di layanan yang dibuat oleh Hunt, dengan mengunjungi situs HaveIBeenPwned(dot)com.

Di situs itu, kamu dapat mengetikkan alamat email apa pun yang dimiliki, dan situs itu akan memberi tahu kamu tidak hanya apakah alamat itu merupakan bagian dari kobocoran, tetapi juga mengetahui berapa kali percobaan dan berasal dari mana.

Kamu juga dapat mengetikkan kata sandi tertentu, yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui apakah kata sandi tersebut telah terekspos juga atau tidak.

Setelah kamu tahu apakah datamu bocor, penting untuk mengamankan akun kamu dari penyalahgunaan, dengan rutin mengganti password secara berkala.

Baca juga: YouTuber Indonesia Mengeluhkan Pendapatan yang Turun Drastis

Related

News 4983323393164530612

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item