Revolusi Bolshevik dan Lahirnya Negara Marxis Pertama di Dunia

Revolusi Bolshevik dan Lahirnya Negara Marxis Pertama di Dunia

Naviri Magazine - Pada 7 November 1917, Partai Bolshevik pimpinan Vladimir Ilyich Lenin menggulingkan pemerintah Rusia. Hasilnya, dua hari kemudian, terbentuklah pemerintahan baru dengan Lenin sebagai pemimpinnya.

Setelah itu, pemerintahan Bolshevik Rusia berganti nama menjadi Republik Sosialis Uni Soviet, dan merupakan negara marxis pertama di dunia. Dalam penanggalan Rusia gaya lama, tanggal terjadinya peristiwa itu adalah 25 Oktober, sehingga peristiwa itu pun sering disebut “Revolusi Oktober”.

Lenin dilahirkan pada 22 April 1870, dan sejak muda telah aktif dalam gerakan marxis yang bertujuan menggulingkan kekaisaran Rusia. Ambisi Lenin untuk menggulingkan pemerintahan tsar dimulai setelah menyaksikan kakaknya, Alexander, ditembak mati pada tahun 1887 karena ikut dalam gerakan melawan tsar.

Karena aktivitasnya tersebut, Lenin pernah dipenjara dan dibuang ke Siberia. Setelah menjalani masa pembuangannya, ia pergi ke London, dan mendirikan Partai Buruh Sosial Demokratik di sana, dan kemudian melaksanakan ambisinya.

Baca juga: Sejarah Deklarasi Balfour dan Awal Peperangan Israel-Palestina

Related

History 1761242353437306863

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item