Sejarah dan Asal Usul 1 Mei Menjadi hari Buruh Sedunia

Sejarah dan Asal Usul 1 Mei Menjadi hari Buruh Sedunia

Naviri Magazine - Jauh bertahun-tahun yang lalu, pada tahun 1800-an, jam kerja para buruh mencapai 12 jam, atau bahkan lebih, sehingga para buruh waktu itu sangat terkuras tenaganya, sementara upah yang diterima tidak sepadan dengan waktu kerja mereka. Lebih dari itu, mereka juga memperoleh perlakuan yang tidak layak dari para majikan atau pemilik modal.

Karena kondisi itu, para buruh di berbagai negara mulai memberontak dengan cara melakukan mogok kerja. Aksi pemogokan itu kemudian mencapai puncaknya pada 1 Mei 1886, ketika sebuah demonstrasi besar-besaran pecah di Amerika. Pada waktu itu, sekitar 400.000 buruh di AS menuntut pengurangan jam kerja mereka.

Aksi demonstrasi para buruh itu dilawan dengan kekerasan, dan polisi-polisi Amerika menembaki para demonstran hingga korban yang tewas mencapai ratusan orang, sementara para pemimpin demonstrasi tersebut dihukum mati. Peristiwa itu kemudian membuka mata dunia atas nasib buruh yang selama itu diperlakukan tidak adil—bahkan mirip budak.

Akhirnya, pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia—yang diselenggarakan di Paris—menetapkan peristiwa di AS pada 1 Mei itu sebagai hari buruh sedunia, dan mengeluarkan resolusi yang berisi:

“Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu, dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Prancis.”

Resolusi itu mendapat sambutan positif dari berbagai negara, dan sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei—yang juga sering diistilahkan dengan May Day—diperingati sebagai Hari Buruh Sedunia.

Di Indonesia, Hari Buruh pada tanggal 1 Mei telah mulai dirayakan sejak tahun 1920, namun kemudian dilarang pemerintah sejak Orde Baru berkuasa.

Baca juga: Asal Usul Kalender dan Mengapa Dalam Setahun Ada 365 Hari

Related

World's Fact 8065047967369944486

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item